MiG-29 Korea Utara unjuk dogfight disaksikan Kim Jong-un

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat-pesawat tempur Angkatan Udara Korea Utara (KPAAF) melaksanakan aksi pertempuran udara jarak dekat (dogfight) dan penghancuran sasaran udara menggunakan rudal. Aksi disaksikan langsung oleh Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Seperti diberitakan kantor berita Korea Utara (KCNA), minggu lalu Kim Jong-un melakukan inspeksi terhadap pasukan udara di sebuah pangkalan yang diidentifikasi para ahli adalah Sunchon Air Base.

Di sana, sejumlah jet tempur MiG-29 (NATO: Fulcrum) buatan Uni Soviet telah bersiap dan para penerbang kemudian melakukan unjuk kemampuan.

KCNA

Pertama-tama para penerbang menunjukkan kemahiran aksi dogfight. Selanjutnya mereka meluncurkan rudal untuk menghancurkan sasaran udara yang disimulasikan sebagai pesawat musuh.

Ahli menduga, rudal yang diluncurkan dari MiG-29 KPAAF adalah rudal udara ke udara jarak dekat R-73 (NATO: AA-11 Archer).

MiG-29_
KCNA

Di pangkalan tersebut, selain MiG-29 juga berjejer pesawat tempur penyerang Su-25 Grach. Saat menginspeksi pesawat ini, terlihat sejumlah rudal udara ke darat Kh-29 (NATO: AS-14 Kedge).

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *