Jet tempur F-15QA untuk Angkatan Udara Qatar terbang perdana

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Boeing berhasil melaksanakan penerbangan perdana jet tempur F-15QA pesanan Qatar untuk Qatar Emiri Air Force (QEAF). Pesawat melaksanakan uji penerbangan perdana selama 90 menit di Bandara Internasional Lambert, St. Louis pada 14 April 2020.

Komandan Wing 15 QEAF Kolonel Ahmed Al Mansoori yang turut menyaksikan penerbangan perdana tersebut mengaku bangga.

Ia mengatakan, penerbangan perdana F-15QA merupakan tonggak sejarah bagi jajaran skadronnya untuk dapat segera mengoperasikan pesawat tempur tersebut.

Penerbangan perdana dilaksanakan oleh Kepala Pilot Uji Matt Giese.

Dalam penerbangan tersebut pesawat dibawa lepas landas menanjak dengan tarikan gaya gravitasi mencapai 9G.

Giese juga mengecek sistem avionika dan radar pesawat. Seluruh data pengujian dapat dimonitor secara langsung oleh tim monitoring di darat.

Wakil Presiden Boeing dan Manager Program F-15 Prat Kumar mengatakan, F-15QA merupakan pesawat tempur terbaik di kelasnya.

Pesawat ini, ujarnya, memiliki biaya operasional setengah dari biaya operasi yang dibutuhkan pesawat lain di kelasnya. Kelebihan lainnya, F-15 ini juga dapat membawa muatan lebih banyak dan jarak jangkau lebih jauh.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada 2017 telah memberikan kontrak senilai 6,2 miliar dolar AS kepada Boeing untuk membuat 36 F-15QA pesanan Qatar.

Pengiriman pertama pesawat ini akan dilaksanakan tahun depan.

Selain memproduksi F-15QA untuk Qatar, Boeing saat ini juga sedang membuat 8 F-15EX untuk Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

Sebanyak 144 F-15EX rencananya akan diakuisisi oleh Departemen Pertahanan untuk USAF di masa mendatang.

Roni Sontani

One Reply to “Jet tempur F-15QA untuk Angkatan Udara Qatar terbang perdana”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *