Angkatan Darat Rusia akan terima T-15 IFV tahun ini

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tak lama lagi Angkatan Darat (AD) Rusia akan menerima kendaraan tempur infanteri (IFV) terbaru roda rantai T-15 yang dikenal juga sebagai BMPT-3.

T-15 akan menjadi IFV modern masa depan militer Rusia yang akan bersanding dengan panser roda ban 8X8 VPK-7829 Boomerang IFV.

Seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan TASS, Kementerian Pertahanan Rusia telah menandatangani kontrak dengan produsen tank Uralvagonzavod (UVZ) untuk pengadaan 100 tank tempur utama (MBT) T-14 Armata dan 32 unit T-15 IFV pada 22 Agustus 2018 silam.

Pengembangan T-15 sendiri mulai dilakukan pada 2011, dengan prototipe pertama muncul pada 2013. Keberadaannya baru diungkap kepada publik tahun 2015.

T-15 IFV berbagi platform dan banyak komponen yang sama dengan T-14 MBT. Hanya saja posisi mesin dipindah ke depan agar kompartemen belakang bisa menjadi ruang bagi pasukan bersenjata.

IFV ini ditenagai mesin diesel multi bahan bakar berdaya 1.500 hp yang dipadukan dengan transmisi otomatis hidro-mekanis.

Kendaraan tempur (ranpur) berbobot tempur sekitar 48 ton ini mampu berlari dengan kecepatan maksimum 65-70 km/jam. Sementara untuk jangkauan operasional mencapai 550 km.

T-15 dioperasikan oleh tiga orang awak. Terdiri dari komandan, penembak, dan pengemudi. Sementara pasukan bersenjata yang dapat diangkut sekira 6-9 orang.

T-15
Istimewa

Dikabarkan, tingkat perlindungan kendaraan jauh lebih ampuh dari IFV sebelumnya yang dimiliki AD Rusia. T-15 menawarkan tingkat perlindungan hingga STANAG 4569 Level 5.

T-15 mengenakan jubah berbahan material campuran komposit, baja, dan keramik yang ringan tapi kuat.

Selain itu T-15 juga dibekali perlindungan tambahan (add-on armor) reaktif eksplosif Malakhit serta sistem perlindungan aktif Afganit.

Sistem persenjataan yang diusung T-15 berupa kubah tanpa awak dengan kanon 30 mm, senapan mesin 7,62 mm koaksial, dan empat peluncur rudal antitank Kornet-M.

Pada 2018, dalam pameran Army 2018 di Moskow, Rusia memperlihatkan T-15 dengan sistem persenjataan baru. Ranpur ini mengusung kubah tanpa awak dengan kanon kaliber 57 mm, senapan mesin 7,62 mm, dan dua rudal antitank berpemandu Ataka-T.

Vitaly V. Kuzmin

Selusin T-15 pertama (pra produksi) telah dikirimkan ke AD Rusia untuk diuji coba tahun 2015. Kendaraan juga dipertunjukkan pertama kali ke hadapan dalam Parade Hari Kemenangan 2015. 

Namun tampaknya IFV kelas berat T-15 ini hanya ditujukan untuk tim tempur spesialis saja. Hal ini terkait dengan kehadiran ranpur IFV roda rantai baru berbobot 25 ton Kurganets-25 di tahun yang sama.

Kurganets-25 akan dijadikan platform ranpur roda rantai serbaguna baik sebagai APC, IFV, maupun versi lainnya sebagai pengganti keluarga ranpur BMP-2 dan ranpur gaek MT-LB.

Rangga Baswara Sawiyya

Editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *