SIG Sauer M17: tembus 100 ribu pucuk dan terus melaju

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tiga bulan sudah berlalu sejak pabrikan pistol asal Jerman-Swiss, SIG Sauer, menorehkan catatan produksi pistol M17 untuk militer Amerika Serikat (AS) sudah menembus 100 ribu pucuk.

Produksi M17 untuk militer AS dipusatkan di Newington, New Hampshire, AS, sejak SIG Sauer memenangkan kompetisi Modular Handgun System (MHS) pada Januari 2017 lalu.

MHS adalah kompetisi menggiurkan untuk pengadaan bersama pistol standar bagi seluruh angkatan dalam militer AS. MHS sendiri sudah dimulai sejak 2011 dan beberapa kali “macet” karena berbagai kendala entah politis maupun konflik internal.

Kemenangan SIG Sauer boleh dikata merupakan “balas dendam lama”. Lebih dari tiga dekade lalu, saat Beretta M9 kaliber 9×19 mm Parabellum dinyatakan sebagai pemenang kontes pengadaan pistol standar AD AS (US Army) untuk menggantikan Colt M1911, kontestan buatan SIG Sauer yaitu P226 berada di ranking kedua dalam penilaian. Kini pistol dari SIG Sauer lah yang justru terpilih menggantikan tahta Beretta M9.

Produk SIG Sauer yang memenangkan MHS adalah varian khusus dari SIG Sauer P320 yang juga berkaliber 9 mm. Ada beberapa perbedaan mencolok antara SIG Sauer P320 dan SIG Sauer M17 yang masuk dinas militer AS.

SIG-Sauer-M17_101st-Airborne
101st Airborne

Perbedaan-perbedaan tersebut di antaranya indikator kamar peluru terisi (loaded chamber indicator) dapat dipasangi magasin berkapasitas lebih banyak (extended magazine) yaitu 21 peluru selain magasin standar isi 17 peluru.  Kemudian penggunaan sekrup tipe spanner agar sulit dibongkar oleh sembarang pihak.

Sesuai pesanan, SIG Sauer merilis dua varian untuk militer AS. Varian utama yang dipesan dalam jumlah jauh lebih banyak adalah varian “full-sized” M17 dengan panjang laras 120 mm dan varian “compact” dengan panjang laras 98 mm.

Selebihnya bisa dibilang sama. Baik M17 maupun M18 dipakai oleh AD, AL, dan AU AS. Sementara Korps Marinir memilih hanya memesan M18 saja.

SIG Sauer M17/M18 adalah pistol semi otomatis kaliber 9×19 mm dengan mekanisme striker-fired, yaitu tanpa external hammer. Kelebihan konfigurasi macam ini adalah jumlah parts yang lebih sedikit (ketimbang external hammer atau hammer-fired) sehingga bobot pistol menjadi lebih ringan.

SIG Sauer M17
Lewis Perkins

Kelebihan M17 dibanding Beretta M9 yang digantikannya adalah kesiapan untuk dipasangi perangkat peredam (suppressor) dan tersedianya Picatinny rail sesuai standar NATO yaitu STANAG 2324. Picatinny rail adalah rel standar militer untuk senjata api yang berguna untuk menempatkan/mendudukkan berbagai macam aksesori seperti teropong (scope) atau senter (flashlight).

SIG Sauer M17/M18 masih terus diproduksi untuk mengisi kebutuhan pistol militer AS hingga seluruh pistol generasi lama tergantikan.

Memang ada beberapa keluhan dan isu kerusakan, namun jumlahnya dianggap masih wajar untuk pistol yang diproduksi dalam jumlah masif seperti itu.

Apalagi sebelum dipilih sebagai pistol standar militer AS yang baru, pendahulunya yaitu SIG Sauer P320 sudah malang melintang di berbagai dinas kepolisian AS seperti di Chicago, Hawaii, Oklahoma, North Dakota, Virginia dan lainnya.

Antonius KK

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *