Awak KRI dr. Soeharso-990 gelar latihan evakuasi pasien COVID-19

COVID-19Koarmada II

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Awak Kapal Rumah Sakit milik TNI Angkatan Laut KRI dr. Soeharso-990 menggelar latihan evakuasi pasien wabah virus corona baru (COVID-19). Latihan dilaksanakan di Dermaga Laut Ranai, Kepulauan Riau.

Seperti diberitakan Komando Armada II TNI AL, Kamis (19/3), latihan dilaksanakan untuk meningkatkan kesiapan seluruh awak KRI dr. Soeharso dalam menerima pasien terduga infeksi COVID-19 maupun yang sudah dinyatakan positif.

“Kita melaksanakan simulasi mulai dari heli datang membawa pasien sampai dengan masuk ke ruang isolasi. Kita tahu bahwa KRI dr. Soeharso sampai sekarang masih standby apabila diperlukan untuk menerima pasien dalam pengawasan,” ujar Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) COVID-19 Laksma TNI Rachmad Jayadi.

COVID-19
Koarmada II

Dalam melaksanakan latihan ini para awak kapal mengenakan pakaian khusus. Digunakan juga peralatan-perlatan khusus lainnya untuk menangani pasien COVID-19.

COVID-19
Koarmada II

KRI dr. Soeharso-990 merupakan kapal jenis Bantu Rumah Sakit (BRS) di jajaran Koarmada II TNI AL. Awalnya, kapal bernama KRI Tanjung Dalpele-972 buatan Korea Selatan tahun 2003 ini berfungsi sebagai kapal Bantu Angkut Personel (BAP).

Perubahan fungsi diresmikan pada 17 September 2008.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *