Eurofighter Typhoon Inggris ‘kawal’ penerbangan Tu-142 Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sejumlah pesawat militer Rusia dicegat oleh pesawat-pesawat tempur Norwegia saat terbang di wilayah udara di atas perairan internasional.

Yang terbaru dan pertama kali terjadi dalam sejarah, jet siluman F-35A mencegat pesawat militer Rusia.

Pencegatan dilaksanakan di wilayah udara internasional sebelah selatan, di celah Greenland – Iceland – Inggris (GIUK).

Kementerian Pertahanan Norwegia dalam siaran beritanya hari Sabtu, 7 Maret,  menyatakan, Tu-142MK dan Tu-142MR yang dikawal satu MiG-31 Angkatan Kedirgantaraan Rusia datang dari arah utara dan terdeteksi oleh pengawas lalu-lintas udara di Sorreisa, utara Norwegia.

Lebih jauh ke selatan, dua jet tempur Typhoon Angkatan Udara Inggris (RAF) mengambil alih pengawasan melintasnya pesawat-pesawat Rusia tersebut.

Di hari yang sama, Juru Bicara Armada Utara Rusia seperti diberitakan Sputniknews mengumumkan bahwa pesawat intai maritim jarak jauh dan antikapal selam Tu-142 telah melaksanakan penerbangan di atas perairan Atlantik jelang dilaksanakannya latihan militer NATO Cold Response 2020.

NATO Cold Response dimulai pada hari Senin, 9 Maret, melibatkan 15.000 personel di mana 6.000 di antaranya merupakan personel militer dari sejumlah negara.

Tu-142
RAF

Dikatakan oleh Armada Utara Rusia, Tu-142 melaksanakan misi di atas perairan Iberia Atlantik. Mereka terbang di wilayah udara di atas perairan netral Lautan Anlantik, yaitu di Laut Norwegia, Laut Barents, dan Laut Utara.

Tidak ada masalah bagi Rusia dengan misi penerbangan itu. Namun rupanya tidak demikian di pihak NATO yang melihat penerbangan ini sebagai sesuatu yang harus diwaspadai.

Setelah Norwegia mengerahkan armada F-35, Inggris pada hari Sabtu itu mengerahkan kawanan Typhoon dari RAF Lossiemouth Air Base di Skotlandia dan dari RAF Coningsby di Lincolnshire.

RAF Typhoon
Crusty Demon

Sputniknews dalam pemberitaannya memberi judul: Pesawat Tempur Typhoon Mengawal Tu-142.

Sementara RAF melalui cuitan di akun twitternya menulis: pesawat tempur Rusia dicegat (intercepted) oleh kawanan Typhoon dari RAF Lossiemouth.

Ditambahkan oleh RAF, pencegatan tersebut sebagai “kegiatan rutin yang telah dikoordinasikan dengan sejumlah negara NATO”.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *