Yak-130 Mitten dan M-346 Master, kembar tidak siam

Yak-130Yakovlev

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada awal 1990, Militer Uni Soviet mulai mencari jet latih baru untuk menggantikan peran Aero L-29 DelfĂ­n dan Aero L-39 Albatros buatan Ceko.

Sejumlah biro desain ternama segera mengajukan proposal produknya. Mereka adalah Sukhoi S-54 , Myasishchev M-200, Mikoyan MiG-AT, dan Yakovlev Yak-UTS.

Tahun 1991 sebelum Uni Soviet runtuh di bulan Desember, proposal MiG-AT dan Yak-UTS terpilih untuk dilanjutkan pengembangan prototipenya. Selanjutnya proyek jet latih modern ini diteruskan oleh pemerintah Rusia.

Runtuhnya Uni Soviet membuat Yakovlev kesulitan keuangan

Dengan runtuhnya Uni Soviet, kesulitan keuangan turut melanda Yakovlev. Dengan terpaksa, Yakovlev harus mencari mitra asing untuk melanjutkan pengembangan Yak-UTS.

Memasuki tahun 1992 akhirnya mitra yang dinanti pun datang dari Aermacchi, Italia dan kerja sama strategis tersebut disepakati tahun berikutnya. Aermacchi bertanggung jawab atas dukungan keuangan dan teknis proyek.

Selanjutnya Yak-UTS resmi bersalin nama menjadi Yak/Aem-130. Prototipe pertamanya dibangun oleh Sokol di Nizhny Novgorod, Rusia. Pesawat diperkenalkan ke hadapan publik pada Juni 1995.

Baca Juga: Jet Latih Tempur Kowsar Siap Hadapi KAI T-50, Yak-130, dan Leonardo M-346

Prototipe Yak/Aem-130 berhasil melakukan penerbangan pertamanya pada 25 April 1996 dari Bandara Zhukovsky di tangan pilot penguji Yakovlev Andrey Sinitsyn.

Perbedaan prioriotas mengakhiri kerja sama Yakovlev dan Aermacchi

Namun di tahun 2000, perbedaan prioritas antara kedua perusahaan telah mengakhiri kemitraan ini. Masing-masing perusahaan pun mengembangkan pesawat secara mandiri.

M-346FALeonardo

M-346 FA.

Yakovlev terus mengembangkan jet secara mandiri dan tetap mengusung nama Yak-130 (tanpa embel-embel Aem). Sementara Aermacchi (kini Leonardo) melansir M-346.

Jadi tak mengherankan bila desain Yak-130 (NATO: Mitten) dan M-346 (NATO: Master) terlihat sama. Ibarat bayi manusia, mereka adalah kembar identik.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *