Rusia perlihatkan video latihan pasukan khusus paling rahasia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia memiliki pasukan khusus yang sangat tertutup untuk diketahui publik. Tugas-tugas mereka sangat sensitif dan mereka bisa masuk hingga ke jantung pertahanan musuh.

Namun demikian, sebuah video pelatihan salah satu pasukan khusus Rusia yang paling rahasia yaitu SSO (Sily spetsial’nykh operatsii) pekan lalu dipublikasikan oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

SSO yang didirikan pada 2002 merupakan unit pasukan khusus Rusia yang paling muda sisi usia dibandingkan dengan GRU (Direktorat Intelijen Angkatan Bersenjata Rusia) dan VDV 45th (Resimen Intai Udara Pasukan Payung Rusia).

Kemampuan khusus SSO adalah beroperasi jauh di luar wilayah Rusia dengan tugas penanggulangan teror, penyerbuan presisi, sabotase, dan operasi senyap lainnya.

SSO dilibatkan oleh Rusia di medan perang Suriah dan melakukan penyerangan terhadap tartget penting, para petinggi ISIS.

Para personel SSO masuk ke lokasi petinggi ISIS dan setelah itu memandu angkatan udara untuk melakukan serangan terhadap kubu-kubu penting itu.

SSO di Suriah
Istimewa

Pada 2016, salah satu insiden terjadi di mana seorang personel SSO terkepung oleh ISIS di Palmyra, Provinsi Homs, Suriah.

ISIS dengan bangga sengaja mengumbar identitas personel SSO naas bernama Alexander Alexandrovich Prokhorenko itu.

Menjadi tawanan ISIS, Prokhorenko tak habis akal. Daripada harus menyerah dan membocorkan pergerakan pasukan Rusia, ia mengatur siasat untuk memberi tahu lokasi keberadaannya. Ia pun meminta agar militer Rusia segera melakukan serangan udara ke lokasi di mana ia ditawan ISIS.

Letnan Satu kelahiran 22 Juni 1990 itu pun gugur bersama kelompok ISIS akibat serangan udara pada 17 Maret 2016 yang dimintanya.

Prokhorenko
Reddit

Pada 11 April 2016 Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan gelar Pahlawan Federasi Rusia kepada prajurit berusia kurang dari 26 tahun itu.

Letnan Satu Alexander A. Prokhorenko dimakamkan di Gorodki, desa kelahirannya, pada 6 Mei 2016.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *