Pembom strategis ‘Angsa Putih’ terbaru Tu-160M terbang perdana

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Prototipe pesawat pembom strategis Tu-160M hasil proses modernisasi Tu-160 telah mengudara perdana pada Minggu, 2 Februari. Pesawat yang juga diujuluki si ‘Angsa Putih’ ini melaksanakan penerbangan dari fasilitas uji Kazan Aviation Plant (KAZ) di Republik Tatarstan, Federasi Rusia.

Penerbangan dilaksanakan pada ketinggian 1.500 m (4.921 kaki) selama 37 menit.

Sputnik mengutip penjelasan dari pihak pabrikan memberitakan, penerbangan berjalan normal. Semua sistem dan peralatan yang diinstalasi bekerja baik.

Dibandingkan versi terdahulu, Tu-160M dilengkapi dengan sistem pertahanan, sistem komunikasi terbaru, mesin terbaru, dan sistem persenjataan terbaru pula.

Melalui proses modernisasi, performa dan kemampuan pembom strategis ini telah meningkat.

Pada Desember tahun lalu, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko mengatakan, pengiriman Tu-160M kepada Angkatan Bersenjata Rusia akan dimulai pada 2021.

Pembom strategis Tu-160 pertama kali mengudara pada 18 Desember 1981. Pesawat yang dibangun semasa Perang Dingin ini dilengkapi sayap model sayung ke belakang (variable-sweep wing) untuk meningkatakan kecepatan terbangnya.

Tu-160 digunakan pertama kali oleh Penerbangan Jarak Jauh Angkatan Udara Rusia Uni Soviet (kini Rusia) pada 1987.

Tu-160 yang mendapat kode nama Blackjack dari NATO, sekaligus menjadi pembom strategis terakhir semasa Uni Soviet.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *