Ditinjau KSAU, ini formasi baru The Jupiters yang akan tampil di Singapore Airshow 2020

JAT di Singapore Airshow 2018Roni Sontani
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna meninjau latihan tim aerobatik TNI AU the Jupiters (Jupiter Aerobatic Team/JAT) di Lanud Adisutjipto, yogyakarta sebelum bertolak ke ajang Singapore Air Show 2020 pada Senin, 3 Februari.

Jupiters akan berlaga di Negeri Singa selama pameran kedirgantaraan dua tahunan itu berlangsung dan kembali lagi di Lanud Adistujipto, Yogyakarta pada Jumat, 18 Februari 2020 mendatang.

Dalam sesi latihan selama 15 menit yang disaksikan oleh KSAU dan sejumlah pejabat TNI AU, JAT formasi baru menampilkan 15   manuver udara.

Manuver tersebut di antaranya adalah Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Clover Leaf, Break Off, Jupiter Wheel, Tango To Diamond, Screw Roll, Leader Benefit, Mirror, Five Cards Loop Solo Spin, Jupiter Roll Back dan Bomb Burst.

Sebelum ini JAT juga telah melaksanakan latihan intensif sebanyak enam kali sebelum bertolak ke Singapura.

Dalam kesempatan tersebut KSAU memberikan pengarahan kepada seluruh tim yang akan berangkat agar selalu mengutamakan safety dalam setiap kegiatan penerbangan.

Sebagai duta bangsa dan negara Indonesia, kata KSAU, JAT merupakan representasi dari kemampuan dan keprofesionalan penerbang TNI AU dalam mewujudkan World Class Air Force di mata dunia internasional.

Tje Jupiters
Dispenau

Sebelum berangkat, JAT juga mendapat pembekalan pengetahuan tentang pencegahan dan penanganan virus Korona dari Kepala RSPAU dr. Hardjolukito.

JAT dipimpin oleh Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob Henry Panggabean selaku Supervisor serta Danwingdikterbang Kolonel Pnb Dedi Susanto selaku Mission Comander. Total sebanyak 60 personel termasuk tim penyiapan pesawat KT-1B Woong Bee yang digunakan oleh JAT berangkat dalam rombongan ke Singapura.

Sementara untuk Formasi JAT kali ini terdiri dari:

Jupiter 1 “Leader” Letkol Pnb Muhammad Yunus (Danskadik 102)

Jupiter 2 “Right Wing” Kapten Pnb Ngurah Satya,

Jupiter 3 “Left Wing” Kapten Pnb Pujo Setyo Anggoro,

Jupiter 4 “Slot” Letkol Pnb Iwan Setiawan,

Jupiter 5 “Lead Synchro” Mayor Pnb Dika Mahendra

Jupiter 6 “Synchro” Mayor Pnb Ari Widodo

Jupiter 7 “Narator” Kapten Pnb Bayu Anugerah

The Jupiters akan bertolak dari Yogyakarta menuju Singapura hari Senin dengan singgah di Lanud Halim Perdanakusuma (Jakarta), Lanud Sri Mulyono Herlambang (Palembang), dan lanjut terbang ke Singapura.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *