AB Ukraina terima 15 T-72AMT hasil peningkatan industri dalam negeri

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata (AB) Ukraina, Ukrainian Armed Forces, telah menerima 15 unit tank tempur utama (MBT) T-72AMT hasil peningkatan kemampuan (upgrade) oleh industri dalam negeri, Kyiv Armoured Plant.

Demikian disiarkan Komando Logistik Ukraina di akun facebook-nya pada 24 Januari.

Melengkapi 15 unit yang telah diserahkan, AB Ukraina akan menerima tambahan tank serupa sebanyak 10 unit pada akhir Januari dan enam unit pada Februari. Jumlah ini cukup untuk membentuk satu batalion tank.

T-72AMT dikembangkan dari basis T-72. Program ini merupakan kelanjutan dari peningkatan kemampuan tank T-64 dan T-80 yang dimulai pada 2017.

Pada T-72AMT, Ukraina menambahkan Nozh, yaitu lapisan anti-ledakan (ERA) di bagian turet dan bagian samping lambung tank.

Penambahan lainnya adalah dua saluran penglihatan kembar 1K13. Adanya perangkat ini memungkinkan tank dapat meluncurkan rudal antitank Kombat dengan jangkauan hingga 5 km.

Sebagai tenaga penggerak digunakan mesin V-46 yang telah di-upgrade ke V-84-1 sehingga menghasilkan peningkatan daya hingga 840 hp dari sebelumnya 780 hp.

T-72 AMT
Ukrainian Logistic Command Pengiriman tank T-72AMT ke Angkatan Bersenjata Ukraina.

Diberitakan Jane’s, pada tank ini juga terdapat penambahan perangkat radio, sistem penjejak dari T-80, dan kamera pandangan belakang untuk pengemudi.

Sementara itu Ukroboronprom menambahkan, tiga kru T-72AMT dilengkapi dengan sistem penglihatan malam generasi ketiga.

Sistem radio komunikasi terbaru yang diintegrasikan merupakan buatan Aselsan (Turki) dan Lybid K2. Perangkat kemunikasi berbasis satelit ini memungkinkan kru tank T-72AMT dapat berkomunikasi dengan unit-unit infanteri.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *