BNPB siapkan dua pesawat untuk gelar Teknologi Modifikasi Cuaca

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan dua pesawat untuk menggelar pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Hal ini untuk mencegah awan potensi hujan masuk ke Jakarta dan sekitarnya yang sedang dilanda banjir sejak hari pertama tahun 2020.

Kepala BNPB Doni Monardo dalam keterangan kepada media mengatakan, TMC diperlukan sebagai salah satu cara pencegahan meningkatnya volume air di wilyah Jakarta dan sekitarnya pada musim hujan ini.

“Kami akan melaksanakan kegiatan TMC bekerja sama dengan BPPT, Mabes TNI, dan TNI AU,” ujar Doni di Jakarta, Kamis, 2 Januari.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Wakil Asisten Operasi Panglima TNI Marsma TNI Jorry S. Koloay mengatakan, pesawat yang telah disiapkan untuk pelaksanaan TMC kali ini adalah satu pesawat NC212 dan satu pesawat CN295 milik TNI Angkatan Udara.

pool-blue-bird-kebanjiran
Twitter Pool Blue Bird di Kramat Jati, Jakarta Timur terendam banjir.

Seperti diketahui, dengan pelaksanaan TMC awan-awan yang berpotensi menurunkan hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya dapat dicegah terlebih dahulu dengan cara ditaburi serbuk garam agar hujan turun di wilayah laut maupun wilayah lainnya sebelum sampai ke Jakarta dan sekitaranya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *