Rusia Selesaikan Uji Negara Sistem Pertahanan Udara Jarak Dekat Gibka-S

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia telah menyelesaikan uji negara sistem pertahanan udara bergerak jarak dekat Gibka-S yang menggunakan sasis kendaraan taktis Tiger 4X4. Uji negara dilaksanakan di daerah latihan Kapustin Yar.

Dilaporkan TASS, penembakan sasaran udara dilakukan Gibka-S dalam kondisi kendaraan Tiger melaju dengan kecepatan 30 km/jam.

Gibka-S dikembangkan oleh High Precision Systems dari basis sistem pertahanan udara laut 3M-47 Gibka. Rudal yang digunakan pada sistem ini adalah Igla atau Verba dari jenis rudal Man-portable Air-Defense Systems (MANPADS).

Gibka-S didesain dapat meningkatkan efektivitas sistem pertahanan udara bergerak sehingga dapat melindungi pasukan dari serangan udara pada ketinggian rendah. Termasuk misalnya pesawat, helikopter, drone, rudal jelajah, maupun senjata presisi lainnya yang datang dari udara.

BACA  7 F-16 Latihan Membentuk Angka “4” untuk HUT TNI di Jakarta

Sistem ini dapat menghancurkan sasaran berukuran kecil dalam segala cuaca dengan jarak pandang terbatas.

Gibka-S
High Precision

Kementerian Pertahanan Rusia pada Maret lalu menyatakan akan melengkapi pasukan darat Rusia dengan sistem pertahanan udara Gibka-S berbasis kendaraan taktis lapis baja Tiger-M.

Sumber Airspace Review menyatakan, Gibka-S dapat digunakan sebagai sistem senjata pertahanan udara berlapis. Sistem ini sangat efektif untuk menghancurkan sasaran-sasaran udara berukuran kecil seperti drone.

Gibka-S
kbm.ru

“Sistem Gibka-S dapat digunakan sebagai bagian dari sistem pertahanan udara berlapis terhadap sasaran berukuran kecil,” ujarnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *