Polandia Terima Empat Helikopter S-70i Black Hawk Versi Pasukan Khusus

S-70i Black Hawk PolandiaLM Poland
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Polandia telah menerima empat unit helikopter S-70i Black Hawk versi pasukan khusus. Penerimaan heli dilaksanakan di Pangkalan Udara Warsawa-Okecie dihadiri oleh Presiden Polandia Andrzej Duda dan Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak, Jumat (20/12/2019).

Polandia mengeluarkan anggaran sekira 177 juta dolar AS untuk pengadaan empat S-70i termasuk dukungan suku cadang dan paket pelatihan.

Perakitan helikopter S-70i dilaksanakan di pabrik PZL Mielec yang sudah dibeli oleh Sikorsky (bagian dari Lockheed Martin).

Seperti diberitakan FlightGlobal, proses modernisasi armada helikopter dilaksanakan pemerintah Polandia untuk meningkatkan kekuatan militernya.

Pada April 2015 Warsawa memesan 50 heli H225M kepada Airbus Helicopters untuk digunakan tiga matra angkatan bersenjatanya.

Namun, seiring pergantian pemerintahan, pesanan itu dibatalkan pada Oktober 2016. Sebagai gantinya, Warsawa kemudian melakukan strategi pembelian bertahap.

Kementerian Pertahanan Polandia membeberkan, kelengkapan yang ada di heli S-70i mereka antara lain night flying systems, persenjataan sesuai kebutuhan pasukan khusus, perlengkapan angkut kargo, perlengkapan evakuasi medis, sistem datalink dan navigasi standar NATO, sistem perlindungan awak dan heli, perlengkapan dukungan darat, suku cadang, dan paket pelatihan.

S-70i Polandia
Polish MoD

Selain memesan empat S-70i, Warsawa juga memesan empat heli AW101. Heli ini akan digunakan untuk fungsi operasi antikapal selam, Angkatan Laut Polandia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *