Laris manis di Eropa, Lockheed akan kirimkan F-35 pesanan Jerman mulai 2026

F-35Lockheed Martin

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jet tempur F-35 Lighting II buatan Lockheed Martin mencatat kesuksesan dengan semakin larisnya pesawat ini, terutama di kawasan Eropa.

Lockheed pun baru dapat mengirimkan F-35 pesanan Jerman mulai tahun 2026, karena antrean untuk mengakuisisi pesawat tempur generasi kelima ini cukup panjang.

Maret lalu, pemerintah Jerman menyatakan akan membeli 35 F-35 untuk menggantikan armada Panavia Tornado pada tahun 2025-2030.

Selain Jerman, kata Lockheed, masih ada Yunani dan Republik Ceko yang juga telah menyatakan minatnya secara signifikan.

“Anda akan mendengar lebih banyak tentang ini segera,” kata JR McDonald, Wakil Presiden Pengembangan bisnis untuk F-35 Lockheed Martin kepada wartawan pada konferensi pers di ILA Berlin Air Show seperti dikutip Reuters.

Ia menjelaskan bahwa untuk konfigurasi F-35 Block 4 akan menggantikan peran armada Tornado di Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe).

Perusahaan mesin Jerman MTU saat ini sedang mencari cara untuk terlibat dalam program F-35 tersebut dengan menyediakan suku cadang atau perawatan.

Lockheed mencanangkan pengiriman 148-153 F-35 di tahun ini dengan rata-rata produksi 12-13 unit per bulan.

Sejauh ini, lanjut McDonald, total sebanyak 810 jet tempur F-35 telah dikirimkan oleh Lockheed Martin kepada para pelanggannya.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published.