Ingin Bergabung dengan US Army, Mungkinkah Bagi Warga Negara Indonesia?

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Salah satu pembaca Airspace Review mengirimkan pertanyaan melalui pesan komentar. Apakah sebagai warga negara Indonesia kita bisa ikut bergabung menjadi personel Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army)?

Amerika Serikat, negara adidaya ini dikenal memiliki kekuatan militer terkuat di dunia. Bagaimana tidak, jumlah prajurit dan kekuatan alutsistanya nyaris sulit disamai oleh negara lain. Hanya Rusia dan China saja yang mampu mendekati kekuatan militer Negeri Paman Sam ini.

Setiap tahunnya, ribuan anak muda mendaftar untuk mengabdi di US Army, US Navy, US Marine Corps, atau US Air Force. Ada yang masuk lewat jalur ROTC (Reserve Officers’ Training Corps), yaitu melalui jalur perguruan tinggi atau universitas. Ada juga yang melamar dengan cara mendatangi pusat perekrutan kecabangan militer yang ada di setiap kota.

Pertanyaannya adalah, apakah hanya warga negara Amerika Serikat (AS) saja yang boleh mendaftar menjadi tentara di sana?

Rekrutmen US Army
US Army

Melansir laman usa.gov, memang hanya penduduk atau warga negara Amerika Serikat dan pemegang kartu green card (penduduk sementara) saja yang diizinkan untuk bergabung dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat.

Namun demikian, walau pembaca memiliki kartu green card, Anda hanya diizinkan bergabung dengan syarat-syarat tertentu.

Jika pembaca mempunyai kartu green card dan bermimpi untuk menjadi operator Delta Force misalnya, sepertinya Anda harus mengubur mimpi tersebut.

Ranger Students
US Army

Bergabung dengan pasukan khusus macam US Navy SEAL, Delta Force, US Marines Force Recon, hanya diizinkan jika Anda sudah menjadi warga negara AS dan telah berdinas selama beberapa tahun di unit tempur aktif.

Masalah umur juga bisa menjadi batu sandungan, US Marine Corps menetapkan batas umur maksimal 28 tahun untuk bergabung dengan pasukan pendarat ini. Sedangkan US Army menetapkan batas umur hingga 34 tahun.

Bagaimana jika usia Anda sudah lewat 34 tahun? Tenang, US Air Force dan US Navy mengizinkan pelamar yang berusia maksimal 39 tahun untuk bergabung.

Setelah semua syarat dipenuhi, seorang pelamar harus melewati sejumlah tes seperti Armed Services Vocational Aptitude Battery (ASVAB) atau tes berupa multiple choice.

US Army
US Army

Selain itu, pelamar wajib mempersiapkan diri menghadapi sejumlah tes fisik dan mental yang cukup menguras pikiran dan tenaga. Tiap kecabangan angkatan bersenjata memiliki metode dan batas skor kelulusan yang berbeda.

Jika pembaca tidak memiliki green card, bukan penduduk kelahiran AS, namun mencari tantangan adrenalin dan tetap berkeinginan menjadi tentara serta merasakan sensasi kerasnya medan pertempuran, sebaiknya alihkan tujuan atau mimpi Anda untuk bergabung dengan salah satu pasukan tempur paling disegani di dunia, Legion Entrangere atau French Foreign Legion.

US Army
US Army

Pasukan ini mengizinkan Anda bergabung dengan berbagai latar belakang, termasuk bagi pembaca yang ingin membuka lembaran baru kehidupan. Bagaimana, sudah mendapatkan pencerahan?

Nantikan info-info selanjutnya di laman Airspace Review ini.

RND

editor: ron raider

11 Replies to “Ingin Bergabung dengan US Army, Mungkinkah Bagi Warga Negara Indonesia?”

  1. Selamat pagi…
    Saya malah berpikir begini;
    Ingin merasakan sensasi medan pertempuran,(awalnya) main ersop gaya ‘supermen vs supermen’ tanpa batas waktu kecuali menyerah…medannya dibuat senyata mungkin..gak ada dukungan logistik apapun…(adakah alumnus sukir Sentul PMPP 2016 di sini?)
    Coba ini dulu untuk para ‘calon tentara’

  2. Bukannya kalau ada WNI yang bergabung otomatis status WNI yang bersangkutan lepas min? Kan kita tidak menganut sistem 2 kewarganegaraan.

    1. Kan klo green card itu hanya sementara jadi tetap warga Indonesia klo dia udah jadi tentara sana baru di cabut

  3. saya juga juga bercita-cita jadi tentara AS tapi itu rasanya gak mungkin. bukan masalah sy mengeluh, sy juga tes tni beberapa kali gak lulus mungkin tidak memenuhi syarat. katanya karena nepotisme di negara kita masih menjamur. mau mengabdi sama negara saja kita harus mengorbankan bajet.

  4. Hai,mau tanya,suami saya seorang TNI, adakah job sementara 2 thn di america ?mungkin seperti perbantuan gitu?untuk meningkat kn penghasilan selama 2 tahun,karena kami punya anak 3 yang sudah sangat butuh biaya besar,gaji tidak mencukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *