Ingin Bergabung dengan US Army, Mungkinkah Bagi Warga Negara Indonesia?

Us ArmyUS Army

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Salah satu pembaca Airspace Review mengirimkan pertanyaan melalui pesan komentar. Apakah sebagai warga negara Indonesia kita bisa ikut bergabung menjadi personel Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army)?

Amerika Serikat, negara adidaya ini dikenal memiliki kekuatan militer terkuat di dunia. Bagaimana tidak, jumlah prajurit dan kekuatan alutsistanya nyaris sulit disamai oleh negara lain. Hanya Rusia dan China saja yang mampu mendekati kekuatan militer Negeri Paman Sam ini.

Setiap tahunnya, ribuan anak muda mendaftar untuk mengabdi di US Army, US Navy, US Marine Corps, atau US Air Force. Ada yang masuk lewat jalur ROTC (Reserve Officers’ Training Corps), yaitu melalui jalur perguruan tinggi atau universitas. Ada juga yang melamar dengan cara mendatangi pusat perekrutan kecabangan militer yang ada di setiap kota.

Pertanyaannya adalah, apakah hanya warga negara Amerika Serikat (AS) saja yang boleh mendaftar menjadi tentara di sana?

Rekrutmen US Army
US Army

Melansir laman usa.gov, memang hanya penduduk atau warga negara Amerika Serikat dan pemegang kartu green card (penduduk sementara) saja yang diizinkan untuk bergabung dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat.

Namun demikian, walau pembaca memiliki kartu green card, Anda hanya diizinkan bergabung dengan syarat-syarat tertentu.

Jika pembaca mempunyai kartu green card dan bermimpi untuk menjadi operator Delta Force misalnya, sepertinya Anda harus mengubur mimpi tersebut.

Ranger Students
US Army

Bergabung dengan pasukan khusus macam US Navy SEAL, Delta Force, US Marines Force Recon, hanya diizinkan jika Anda sudah menjadi warga negara AS dan telah berdinas selama beberapa tahun di unit tempur aktif.

Masalah umur juga bisa menjadi batu sandungan, US Marine Corps menetapkan batas umur maksimal 28 tahun untuk bergabung dengan pasukan pendarat ini. Sedangkan US Army menetapkan batas umur hingga 34 tahun.

Bagaimana jika usia Anda sudah lewat 34 tahun? Tenang, US Air Force dan US Navy mengizinkan pelamar yang berusia maksimal 39 tahun untuk bergabung.

Setelah semua syarat dipenuhi, seorang pelamar harus melewati sejumlah tes seperti Armed Services Vocational Aptitude Battery (ASVAB) atau tes berupa multiple choice.

US Army
US Army

Selain itu, pelamar wajib mempersiapkan diri menghadapi sejumlah tes fisik dan mental yang cukup menguras pikiran dan tenaga. Tiap kecabangan angkatan bersenjata memiliki metode dan batas skor kelulusan yang berbeda.

Jika pembaca tidak memiliki green card, bukan penduduk kelahiran AS, namun mencari tantangan adrenalin dan tetap berkeinginan menjadi tentara serta merasakan sensasi kerasnya medan pertempuran, sebaiknya alihkan tujuan atau mimpi Anda untuk bergabung dengan salah satu pasukan tempur paling disegani di dunia, Legion Entrangere atau French Foreign Legion.

US Army
US Army

Pasukan ini mengizinkan Anda bergabung dengan berbagai latar belakang, termasuk bagi pembaca yang ingin membuka lembaran baru kehidupan. Bagaimana, sudah mendapatkan pencerahan?

Nantikan info-info selanjutnya di laman Airspace Review ini.

RND

editor: ron raider

43 Replies to “Ingin Bergabung dengan US Army, Mungkinkah Bagi Warga Negara Indonesia?”

  1. Selamat pagi…
    Saya malah berpikir begini;
    Ingin merasakan sensasi medan pertempuran,(awalnya) main ersop gaya ‘supermen vs supermen’ tanpa batas waktu kecuali menyerah…medannya dibuat senyata mungkin..gak ada dukungan logistik apapun…(adakah alumnus sukir Sentul PMPP 2016 di sini?)
    Coba ini dulu untuk para ‘calon tentara’

  2. Bukannya kalau ada WNI yang bergabung otomatis status WNI yang bersangkutan lepas min? Kan kita tidak menganut sistem 2 kewarganegaraan.

    1. Kan klo green card itu hanya sementara jadi tetap warga Indonesia klo dia udah jadi tentara sana baru di cabut

    2. Kalau sudah punya green card (greencard itu berlaku 5 tahun atau lebih gitu, jadi ktp sementara untuk warga negara asing yang Stay lama di US terus berubah menjadi warga negara tetap, ada batas waktu nya juga jika saat punya gc pulang kampung tapi gak balik2 ke us berapa bulan otomatis gc nya mati..) otomatis mau masuk tentara us gak bisa seenaknya pulang baru cuma 1 tahun latihan.. Prosesnya panjang.. Sm halnya jadi TNI.. Udah Pasti di cabut.. Ada undang2nya juga kok baca aja.. Siapapun yang menjadi tentara negara asing akan dicabut…

  3. saya juga juga bercita-cita jadi tentara AS tapi itu rasanya gak mungkin. bukan masalah sy mengeluh, sy juga tes tni beberapa kali gak lulus mungkin tidak memenuhi syarat. katanya karena nepotisme di negara kita masih menjamur. mau mengabdi sama negara saja kita harus mengorbankan bajet.

  4. Hai,mau tanya,suami saya seorang TNI, adakah job sementara 2 thn di america ?mungkin seperti perbantuan gitu?untuk meningkat kn penghasilan selama 2 tahun,karena kami punya anak 3 yang sudah sangat butuh biaya besar,gaji tidak mencukupi.

    1. Syaratnya: Pertama nih bu, Warga negara yang belum pernah jadi Tentara bu.. Kedua Usia… Ketiga Warga asing yang sudah tinggal disana 5tahun dan memiliki Greencard.. Keempat otomatis di cabut menjadi WNI.. Yang benar aja bu idenya.. Di cabut pangkat makin susah lagi…

  5. Apakah ada info selain menjadi US Army ?
    Untuk saya kerja di kantor menjadi pegawai negri di US ?
    Di usia saya yg tahun ini 2020 skrng 44 thn
    Terima kasih..

      1. Mau tanya untuk konfirmasi apakah betul batas usia untuk masuk USAFA (United State Air Force Academy) sampai umur 39 tahun,.. soalnya saya lihat di website nya dari 17 tahun 9 bulan sampai 23 tahun saja

  6. Saya sangat bercita-cita ingin jadi anggota militer di indonesia baik itu POLISI atapun TNI tapi apalah daya belum ada nasib. Tapi kalau saya diberi pilihan untuk bisa jadi anggota militer baik itu POLISI ataupun TNI di amerika saya siap apapun resiko saya siap hadapi.

    1. Saya juga bercita cita menjadi seorang mengabdi pada negara apakah itu tentara/polisi saya siap untuk mengabdi nya di negara Amerika Serikat apapun rintangan dan resiko nya saya siap untuk menjadi tentara/polisi di Amerika Serikat dan saya mau tanyak gimana cara bergabung untuk menjadi tentara/polisi di Amerika Serikat karna saya udah berapa kali daftar TNI/polri di Indonesia gak lewat lewat dan juga saya sekarang udah memasuki umur 23 tahun jadi kalo untuk ikut daftar lagi di Indonesia saya tidak bisa lagi karna batas umur yg diminta hanya 22 pas. Dan apakah umur 23 masih bisa daftar TNI/polri di Amerika Serikat

  7. Salam hormat saya mau comment apa saya warga indonesia bisa menjadi Army US juga..

    Trus bagaimana atau apa caranya dan langkah -langkah untuk bisa menjadi Army di US Amerika serikat sana

    1. Harus memiliki
      Grencard bg itu aja yg ribet minim tinggal 5 THN disana baru dpt kartu itu kalau masuk us army nya ga sulit² bgt soal nya saudara saya tentara as

  8. Apakah seorang perempuan juga bisa bergabung dalam FFL? Karena sebagai seorang perempuan saya juga ingin menjadi bagian dari FFL..

    1. Kayaknya gak bisa deh bu.. Soalnya disini banyakan yang statusnya dulu bukan mantan tentara negaranya… Ada batas umur juga bu.. Persyaratannya harus stay 5tahun dan punya greencard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *