F-22 dan F-35 Hadir di Dubai Airshow 2019, Su-35 dan Su-57 Tidak Tercantum dalam Daftar

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dubai Airshow, pameran kedirgantaraan dua tahunan di setiap tahun ganjil, tahun ini akan digelar pada 17-21 November di Dubai World Central (DWC). Jago-jago udara akan datang dan menjadi sorotan tersendiri dalam pameran kedirgantaraan terbesar di kawasan Timur Tengah ini.

Para pabrikan pesawat dunia beserta kementerian pertahanan masing-masing negara menyadari, hadir di Dubai Airshow memberikan peluang lebih besar bagi negara kaya Uni Emirat Arab maupun negara-negara petro dolar di sekitarnya untuk membeli produk yang dipamerkan.

Pun demikian, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (U.S. DoD) tahun ini secara besar-besaran menghadirkan dua penempur silumannya, F-22 Raptor dan F-35 Lightning II, ke DWC. Hal ini terkonfirmasi dari daftar hadir pesawat yang telah dipublikasikan secara resmi di laman Dubai Airshow 2019.

F-15E
Flickr

Tidak hanya dua pesawat yang telah disebut, DoD juga mengerahkan E-2D, E/A-18G, F/A-18E, F/A-18F, A-10 Thunderbolt II, C-130 Super Hercules, E-3 Sentry AWACS, F-15E Strike Eagle, F-16D Fighting Falcon, KC-10 Extender, KC-46 Pegasus, MH-53 Sea Dragon, dan MV-22 Osprey.

F-35B
Roni Sontani
F-22 opens its weapon bay
USAF

Belum dijelaskan, apakah F-22 dan F-35 hanya akan tampil melintas di udara atau juga diperlihatkan secara statik.

Sepuluh tahun lalu, pada Dubai Airshow 2009, untuk pertama kali Pentagon memperlihatkan F-22 melintas di atas arena pameran ini sambil membuka ruang persenjataan internalnya.

Rival tak hadir?

Yang jadi pertanyaan, tentu saja sang rival dari Timur akan menghadirkan apa di Dubai Airshow tahun ini?

Su-35_Roni_Sontani
Roni Sontani

Sebelumnya, Rusia telah mengungkapkan akan mempertunjukkan untuk pertama kali jet siluman mereka Su-57E versi ekspor pada Dubai Airshow 2019.

Berbeda dengan rencana awal, Rusia ternyata lebih memilih menampilkan perdana kemunculan Su-57E di pameran kedirgantaraan internasional MAKS-2019 di Zhukovsky pada 27 Agustus – 1 September lalu.

Dan kini, dalam daftar resmi pesawat yang akan hadir Dubai Airshow 2019 dan telah dipublikasikan panitia, tidak tercantum Su-57 atau bahkan Su-35.

Su-57
Sputnik

Rusia hanya diwakili oleh Russian Helicopters yang akan menampilkan Mi-38 dan Ansat. Ada pula tercantum An-124 (?) Lihat daftar resmi di sini.

Hingga berita ini dibuat, belum ada rilis resmi dari pihak Rusia mengenai apa saja yang akan ditampilkan di Dubai Airshow 2019.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *