AL Pakistan Sukses Uji Tembak Rudal Antikapal Zarb Buatan Dalam Negeri

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Pakistan (PN) berhasil melakukan uji coba penembakkan sistem rudal jelajah antikapal berbasis pesisir pada 5 November 2019.

Dalam uji coba ini Kepala Staf PN Laksamana Zafar Mahmood Abbasi turut menyaksikan langsung.

Diungkapkan pada laman resmi Facebook PN, rudal yang dinamai Zarb (Pukulan) ini berhasil mengikuti lintasan yang telah direncanakan dan secara akurat mengenai sasaran.

Rudal Zarb diluncurkan dari truk berpenggerak 8X8 yang populer dengan istilah TEL (Transport Erector Launcher) dari Pangkalan PN Jinnah, Ormara, Provinsi Balochistan.

Zarb
PN

Dilansir dari situs Naval News, rudal Zarb dikembangkan berdasar rudal antikapal jarak menengah C-802 (varian ekspor YJ-8) buatan China yang mulai diperkenalkan pada 2016.

Mengenai kinerjanya, kemampuan rudal Zarb diyakini serupa dengan C-802. Rudal ini memiliki jangkauan sekitar 200 km dan berkecepatan jelajah 0,9 mach (1.100 km/jam).

Zarb
PN

Zarb dilengkapi dengan hulu ledak tinggi SAP (Semi Armor Piercing) seberat 165 kg yang dapat mengoyak lambung kapal dengan besar.

Selain versi rudal berbasis pesisir, PN sebelumnya telah mengakuisisi sebanyak 70 unit rudal C-802 yang ditempatkan di atas geladak kapal fregat kelas Zulfikar.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *