Televisi Kementerian Pertahanan Rusia Tayangkan Perakitan Su-57

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Zvezda, jaringan televisi negara yang dijalankan oleh Kementerian Pertahanan Rusia baru-baru ini menayangkan cuplikan perakitan jet tempur siluman Su-57 di fasilitas milik Sukhoi, Komsomolsk-on-Amur Aircraft Plant, Rusia Timur Jauh.

Penayangan cuplikan saat sedang mewawancarai Wakil Menteri Pertahanan Rusia Aleksey Krivoruchko tersebut tentu saja terbilang spesial.

Pasalnya, walau berdurasi pendek, penayangan proses perakitan jet siluman yang masih aktif di jajaran dinas biasanya merupakan hal yang tabu.

Su-57
UAC

Lockheed Martin dari Amerika Serikat, beberapa hari lalu baru menayangkan video proses “pembuatan ulang” perakitan F-117 Nighthawk.

Namun, Jet Hitam tersebut bukan untuk diterbangkan lagi. Melainkan, akan diistirahatkan di Museum dan Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan di California.

Penayangan proses perakitan Su-57 oleh Zvezda menunjukkan bahwa jet tempur generasi kelima ini sudah resmi masuk jalur produksi.

Presiden Vladimir Putin beberapa waktu lalu telah meminta, agar dalam satu dekade ke depan Angkatan Kedirgantaraan Rusia dipasok dengan 76 unit pesawat ini.

Selain menggunakan untuk kebutuhan sendiri di dalam negeri, Rusia juga menawarkan Su-57 versi ekspor yaitu Su-57E kepada negara lain.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *