Ukraina akan terima 2 sistem pertahanan udara tambahan Skynex dari Rheinmetall

SkynexRheinmetall
ROE

AISPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan pertahanan Jerman, Rheinmetall, telah menginformasikan akan mengirimkan dua sistem pertahanan udara jarak pendek tambahan Skynex ke Ukraina pada paruh kedua tahun 2023.

Sistem ini akan dipasang pada sasis truk Rheinmetall MAN (RMMV) jenis HX 8X8 dan akan menyertakan amunisi 35 mm Rheinmetall Ahead yang dapat diprogram.

Boeing_contoh2

Skynex ini menggunakan sistem manajemen pertempuran Oerlikon Skymaster sebagai control node (CN), yang memungkinkan integrasi modular dari berbagai sensor dan efektor berdasarkan kebutuhan misi.

Sistem pertahanan udara Skynex mengusung kanon Oerlikon Mk3 35 mm dengan jangkauan tembak efektif 4.000 m dan laju tembakan 1.000 putaran per menit.

Versi dasar Skynex dapat menyerang pesawat, helikopter, rudal jelajah, drone, rudal udara ke darat, dan roket artileri hingga jarak 4 km.

Menjadikannya solusi ideal untuk melindungi aset stasioner seperti pangkalan militer, bandara, dan infrastruktur penting.

Kelebihan lain dari sistem Skynex adalah keterjangkauannya, dikaitkan dengan penggunaan amunisi Rheinmetall Ahead yang dapat diprogram, terbukti jauh lebih murah daripada sistem pertahanan udara berbasis peluru kendali (rudal).

Rheinmetall memperkirakan biayanya hanya sekitar 4.000 euro untuk menghancurkan target udara biasa dengan sistem Skynex, yang hampir seratus kali lebih murah daripada sistem seperti IRIS-T, misalnya.

Node kontrol sistem Skynex menaungi sistem manajemen pertempuran Skymaster, yang memungkinkan operator mengontrol senjata dan sensor untuk penargetan dan penembakan.

Radar pencari Oerlikon X-TAR3D jarak menengah menyediakan gambar udara tiga dimensi dari node kontrol Skynex dengan jangkauan deteksi 20 hingga 50 km.

Penyediaan sistem antipesawat sangat penting bagi militer Ukraina, terutama untuk memayungi target fital dan strategis dari serangan drone kamikaze seperti Geran-2 pasukan Rusia, yang terlalu mahal bila menggunakan rudal sistem pertahanan udara.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *