Rusia Siapkan ‘Gajah Terbang’ Pengganti An-124

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pengembangan pesawat angkut berat strategis Rusia mulai terlihat penampakannya. Seperti dilansir situs Airway, model terowongan angin pesawat gigantis ini diungkapkan oleh Aerohydrodynamics Central Institute atau populer dengan nama TsAgi.

Karakteristik pesawat yang dijuluki Slon (Gajah) ini sangat menyerupai tampilan desain Antonov An-124 yang akan digantikannya. Pesawat mengusung sayap model tinggi yang akan dibekali empat mesin turbofan baru PD-35.

Pintu keluar masuk kargo utama juga ditempatkan di bagian kepala pesawat. Slon mampu membawa 150 ton muatan terbang sejauh 7.037 km atau 180 ton untuk jarak 4.900 km.

Diinformasikan, Slon memiliki panjang 82,3 m. Artinya, lebih panjang dibandingkan An-124 yang hanya 69,1 m. Rentang sayap Slon sekitar 88 m sementara An-124 hanya 73,3 m.

Slon
TsAGi

Tak disebutkan biro desain mana yang merancang Slon. Namun diduga kuat proyek ini dipercayakan pada Biro Desain Ilyushin yang juga mengembangkan pesawat angkut militer lainnya. Mulai dari kelas ringan Il-112V, kelas medium Il-214, dan kelas berat Il-476.

Seperti diketahui, militer Rusia sangat membutuhkan pesawat angkut superberat untuk pergesaran peralatan militer dan logistik jarak jauh. Seperti yang digunakan dalam mendukung operasi militer di Suriah belakangan ini.

Slon
TsAGi

Selama ini Militer Rusia masih mengandalkan sekira 16 unit An-124. Kinerjanya pesawat ini dikabarkan mulai menurun akibat tak lagi ada pasokan suku cadang dari Ukrania yang kini menjadi seteru Rusia.

Dengan kebutuhan yang mendesak ini diharapkan purwarupa Slon dapat diluncurkan pada 2025 dan mulai berdinas tahun 2027 mendatang.

An-124 Ruslan
Istimewa

Di kelas pesawat angkut superberat, Slon (muatan 180 ton) akan jauh lebih perkasa dibandingkan lawannya Lockheed Martin C-5M dari Amerika Serikat yang berkapasasitas muat 130 ton dan An-124-100M milik Ukraina dengan kapasitas muat maksimum 150 ton.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *