Bukan Semprotkan Air, Pemadam Kebakaran Belanda Malah Semprotkan Busa Sambut F-35A

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sesuatu di luar rencana bisa terjadi di mana saja. Di negara maju sekalipun, Belanda misalnya. Petugas pemadam kebakaran di Pangkalan Udara Leeuwarden yang diperintahkan memberikan semprotan air “Water Salute” untuk penyambutan F-35A Angkatan Udara (AU) Belanda, malah menyemprotkan busa pemadam api ke jet siluman yang baru mendarat itu.

Alhasil, pemandangan aneh pun terlihat dan menimbulkan tanda tanya di benak para hadirin.

Bagaimana tidak, F-35A yang sedang berjalan merayap dengan gagah itu tiba-tiba mendapat siraman busa-busa putih pekat.

Bahkan, sesaat pesawat buatan Lockheed Martin itu tidak tampak akibat tertutup semburan busa dari dua mobil pemadam kebakaran di kiri dan kanan pesawat yang saling melakukan penyemprotan.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Setelah diselidiki ternyata mobil petugas pemadam kebakaran yang memang disiapkan untuk memberikan “Water Salute” kepada F-35A itu, tiba-tiba diminta menangani pendaratan darurat F-16 di tempat yang sama.

Saat kembali ke posisi siaga penyambutan F-35A, operator mobil pemadam kebakaran lupa mengembalikan posisi katup selang dari busa ke air.

Diberitakan The War Zone pada 31 Oktober, F-35A mendarat di Leeuwarden pada pukul 3.30 sore waktu setempat. Pesawat diterbangkan dari fasilitas perakitan akhir (FACO) Leonardo di Italia oleh pilot Ian Knight yang juga Komandan Skadron Uji dan Evaluasi ke-323.

F-35A Belanda
Dutch MoD

Leonardo memang melakukan perakitan akhir F-35A untuk AU Belanda atas lisensi dari Lockheed Martin.

Angkatan Udara Belanda sebelum ini telah memiliki 8 F-35A. Namun semua delapan pesawat yang dirakit di Fort Worth, Texas itu ditempatkan di Amerika Serikat untuk pelatihan para pilot dan teknisi.

Sejumlah F-35A AU Belanda pun beberapa kali diterbangkan dari Amerika Serikat ke Belanda sejak 2016. Namun baru kali ini dilaksanakan pendaratan untuk pesawat yang akan ditempatkan permanen di Negeri Kincir Angin.

Belanda memesan 46 jet F-35A termasuk sembilan unit tambahan yang baru dipesan bulan ini.

Pada 40 tahun lalu, di Leeuwarden petugas pemadam kebakaran melaksanakan tradisi “Water Salute” bagi F-16A/B AU Belanda. Dan semuanya berjalan sesuai prosedur.

F-35A Belanda
Dutch MoD

Lalu, adakah efek dari penyemprotan busa ke pesawat F-35A yang baru mendarat? Busa-busa itu selain menyelimuti bagian luar Lightning II, juga sebagian masuk ke dalam mesin pesawat.

Sementara F-35, seperti diketahui, merupakan pesawat canggih dengan tingkat sensivitas yang tinggi, termasuk pada bagian kulit pelindung tubuhnya.

Tidak ada rilis yang dikeluarkan oleh AU Belanda terkait salah prosedur dalam penyambutan F-35A. Pihak kementerian pertahanan hanya memberitakan soal kedatangan pesawatnya saja.

F-35A Belanda
Dutch MoD

Pilot pun turun dari kokpit F-35A berbarengan dengan tetasan busa-busa putih di pesawat.

Bisa jadi dia heran saat itu. Namun hal tersebut tidak langsung ditanyakan di tempat.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *