2.597 Perwira Transportasi Kementerian Perhubungan Diwisuda

AIRSPACE-REVIEW.com – Sebanyak 2.597 perwira transportasi lulusan sekolah-sekolah di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan RI diwisuda secara terpadu oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Wisuda dilaksanakan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2019).

Menhub mengatakan, wisuda terpadu perwira transportasi merupakan bentuk dari komitmen Kemenhub dalam meningkatkan SDM baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Sebagaimana disampaikan Bapak Presiden, Indonesia tengah berupaya meningkatkan kualitas SDM-nya. Oleh karenanya kami konsisten dengan apa yang disampaikan oleh Presiden agar semua potensi pengembangan SDM ini diitensifkan dan diperbaiki. Kita akan tingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas,” ujar Menhub Budi Karya.

Jumlah lulusan yang mengikuti Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu Tahun 2019, kata Menhub, mengalami peningkatan dari tahun 2017 (2.046 lulusan) dan tahun 2018 (2.472 lulusan).

Wisuda Terpadu Kemenhub 2019
Rachmat Kartakusuma

Disebutkan lebih lanjut, Kemenhub akan mengembangkan pola pelatihan baik di akademik maupun politeknik secara lebih intensif. Salah satunya adalah dengan cara meningkatkan kompetensi bahasa dan kemampuan teknis. Selain itu, juga memberikan ilmu terkait keselamatan bertransportasi.

“Karena pada dasarnya lulusan perwira tersebut akan memiliki jabatan dan fungsi yang strategis ke depannya,” tandas Budi Karya. Mereka pun, lanjutnya, bisa berkarier di dalam maupun luar negeri.

“Kalau di industri atau sektor laut bahkan sudah ditunggu di pemilik-pemilik kapal untuk bekerja di dalam dan di luar negeri. Jadi tidak terbatas di Kementerian Perhubungan saja. Udara juga banyak sekali ke maskapai di dalam maupun luar negeri,” paparnya.

Para Perwira Transportasi Kemenhub yang dilantik kali ini berasal dari 15 sekolah yang terbagi atas tiga matra yaitu Marta Darat, Matra Laut, dan Matra Udara.

Wisuda Terpadu Kemenhub 2019
Rachmat Kartakusuma

Matra Darat, terdiri dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, dan Politeknik Perkerataapian Indonesia Madiun.

Matra Laut, terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, PIP Makassar, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Poltekpel Banten, Poltekpel Barombong, dan Poltekpel Sumatera Barat.

Sementara Matra Udara, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STIP) Curug, Politeknik Penerbangan Surabaya, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, ATKP Medan dan Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi.

Sekolah – sekolah transportasi di lingkungan BPSDMP tersebut melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang menitikberatkan pada tiga hal. Yaitu, pembangunan karakter positif, peningkatan akses dan kualitas pendidikan, serta mendorong link and match antara industri dengan pendidikan vokasi.

Pada upacara wisuda ini juga dilakukan prosesi penyematan Epolet Perwira dan pengalungan Samir oleh Menhub kepada tiga perwakilan lulusan terbaik dari masing-masing matra.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *