Jankel Pasok Rantis Ringan Resimen Opsus Pasukan Khusus Belgia

AIRSPACE-REVIEW.com – Jankel, perusahaan pertahanan asal Inggris meluncurkan kendaraan angkut taktis ringan (Light Tactical Transport Vehicle/LTTV) pada pameran pertahanan DSEI 2019 yang berlangsung di Excel, London pada 10-13 September.

LTTV merupakan pesanan Kementerian Pertahanan Belgia (BeMOD) untuk dioperasikan oleh Resimen Operasi Khusus (Special Operation Regiment/SOR) Belgia. Dikutip dari  laman sphardmedia.com, kontrak pengadaannya telah ditandatangani pada 2017 silam.

Diwartakan, pesanan untuk 199 unit LTTV ini bernilai  63,3 juta euro atau setara  7,31 juta dolar AS. Kendaraan akan diserahkan mulai 2019 hingga tuntas pada 2021 mendatang.

Purwarupa LTTV sendiri sebenarnya telah diperkenalkan oleh Jankel pada pameran pertahanan Eorosatory 2018 di Perancis. Namun, saat itu desainnya belum final.

Untuk platform LTTV, Jankel menggunakan basis truk versi militer Unimog buatan Mercedes Benz, Jerman yang memang terkenal keandalannya.

LTTV dirancang sebagai kendaraan taktis bersifat modular, sehingga dapat dikonfigurasi untuk beragam misi dengan perlengkapan tambahan secara cepat.

Jankel LTTV
Istimewa

Tiga varian utama LTTV dibangun. Terdiri dari ambulans tempur (combat ambulance), angkutan logistik & pasukan, serta varian SOR.

Khusus varian SOR, kendaraan digunakan untuk mendukung spektrum penuh operasi khusus termasuk tindakan langsung, pengintaian khusus, bantuan militer, dan kontra terorisme.

Varian LTTV SOR mendapatkan baju zirah berupa kit perlindungan balistik yang dapat dilepas. Kendaraan juga mendapatkan sistem perlindungan saat terguling (ROPS), peralatan komunikasi satelit serta perangkat misi pengintaian (ISTAR).

Sebagai alat bela diri, LTTV SOR dibekali dudukan senjata di atap untuk menempatkan senapan mesin kaliber 12,7 mm, pelontar granat otomatis (AGL 30/40 mm), dan peluncur rudal antitank (ATGM).

Di pangkal kap mesin depan komandan juga dipasangi lengan dudukan senjata yang dapat dipasangi senapan mesin kaliber 5,56 mm atau 7,62 mm.

Jankel LTTV
Istimewa

Di bagian bak belakang kendaraan yang dipamerkan dalam DSEi 2019, tampak kendaraan ini mengusung peluncur roket multi laras Fletcher berisi 23 roket kaliber 70 mm buatan Arnold Defense.

LTTV SOR dapat dimuati hingga enam awak pasukan khusus termasuk pengemudi dan komandan. Sementara muatan bawaan maksimum hingga 3 ton.

Keluarga Jankel LTTV memiliki dimensi panjang 6,5 m, lebar 2,49 m, dan berat kotor 11,9 ton. Setiap kendaraan dilengkapi tangki bahan bakar internal untuk 180 liter solar yang menyediakan jangkauan operasi sekitar 850 km.

LTTV juga dapat dipindahkan lewat udara masuk dalam perut pesawat angkut sekelas C-130J Hercules atau A400M Atlas.

Jankel FOX
Istimewa

Selain memasok LTTV, sebelumnya pada 2015 Jankel juga mendapatkan kontrak dari BeMOD untuk memasok 100 kendaraan taktis Fox bagi pasukan khusus Belgia.

Kendaraan yang dijuluki RRV (Rapid Reaction Vehicle) ini dikembangkan berdasar kendaraan Land Cruiser 4X4 buatan Toyota yang juga dikenal akan ketangguhannya di segala medan.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *