Perusahaan Penerbangan Malaysia Beli 5 Unit Heli Ringan Multiguna VRT500

VRT500Roni Sontani

AIRSPACE-REVIEW.com – Perusahaan penerbangan asal Malaysia, Ludev Aviation, menyatakan niatnya untuk membeli lima unit helikopter multiguna terbaru VRT500 rancangan VR-Technologies.

VR-Technolgies tidak lain merupakan kantor desain inovasi dari Russian Helicopters, bagian dari korporasi negara Rostec.

Penandatangan kerja sama promosi dan pengadaan VRT500 ditandatangani oleh VR-Technologies dengan Ludev Aviation dalam pelaksanaan MAKS-2019 International Aviation and Space Salon di Bandara Internasional Zhukovsky pada Rabu, 28 Agustus.

Russian Helicopters menyatakan, pengiriman helikopter dijadwalkan akan dilaksanakan pada 2023. Sementara untuk corak dan interior heli akan dibuat setelah helikopter ini mendapatkan sertifikasi dari Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA).

Tahun depan, prototipe pertama VRT500 dijadwalkan akan mulai mengudara tahun depan untuk selanjutnya menjalani serangkaian uji coba.

CEO VR-Technologies Alexander Okhonko menyatakan, pihaknya membidik kawasan Eropa dan Asia untuk pemasaran VRT500.

“Eropa dan Asia merupakan prioritas potensi pasar kami untuk VRT500. Dengan segala performa yang dimilikinya, heli ini akan mampu bersaing di kelasnya di wilayah ini,” ujar Okhonko seperti dikutip Russian Helicopters.

Russian Helicopters

VRT500 merupakan helikopter ringan mesin tunggal dengan rotor utama model koaksial. Heli ini mempunyai bobot terbang lepas landas 1.650 kg.

Dibandingkan dengan heli di kelasnya, Russian Helicopters mengklaim VRT500 memiliki ruang kabin terluas di kelasnya. Heli dapat menampung hingga lima orang penumpang.

Heli yang dilengkapi dengan peralatan avionik interaktif modern ini dirancang mampu terbang hingga kecepatan 250 km/jam serta menjelajah hingga jarak 860 km dengan membawa 730 kg muatan.

Sebagai heli mutiguna, VRT500 dirancang untuk dapat digunakan untuk angkut penumpang, angkut kargo, hingga helikopter pencarian dan pertolongan (SAR).

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *