Tiga Helikopter Andalan Ditampilkan Russian Helicopters di MAKS-2019

AIRSPACE-REVIEW.com – Russian Helicopters mengedepankan tiga helikopter andalannya dalam pameran kedirgantaraan akbar MAKS-2019 Aviasalon di Zhukovsky, 40 km sebelah tenggara Kota Moskow.

Ketiga heli tersebut adalah heli medium multiguna Ka-62, seri pertama heli Mi-38, dan helikopter ringan multiguna Ansat. Ansat kali ini ditampilkan dengan desain kabin mobil mewah Aurus yang memukau.

Ka-62 merupakan debutan (tampil perdana) di ajang MAKS. Heli ditampilkan secara statik di booth perusahaan dan juga mengisi pertunjukan dinamik guna memperlihatkan performanya dengan melaksanakan aerobatik tunggal.

Perbedaan mencolok dari heli Ka-62 dengan produk heli Kamov lainnya, adalah pada propeler (baling-baling) utama yang tidak lagi menggunakan model tumpuk dengan putaran berlawanan arah (koaksial).

Ka-62
Istimewa Helikopter Ka-62.

Kemudian pada ekor, menggunakan model baling-baling terbungkus sehingga menjadi lebih aman. Ada pula semacam sirip penyeimbang di bagian ekornya ini menjadikan desain helikopter Kamov terlihat beda pada produk Ka-62.

BACA  Adu Strategi dan Koordinasi, Peserta IFRC Berlomba Tidak Lewati Batasan Waktu

Kamov yang merupakan bagian dari Russian Helicopters, juga menggunakan bahan polimer komposit untuk hampir keseluruhan konstruksi heli.

Heli lain yang ditampilkan yaitu seri pertama Mi-38 menampilkan kabin yang sangat nyaman dan didesain untuk kebutuhan penerbangan VIP. Kabin dapat memuat 11 penumpang dari kapasitas 30 penumpang pada desain umum. Dari sisi jangkauan, heli ini mampu terbang hingga jarak 1.200 km.

Mi-26T2V
Roni Sontani Helikopter Mi-26T2V ditampilkan di MAKS-2019.

Heli ketiga yang ditampilkan Russian Helicopters yang tidak kalah menarik perhatian adalah Ansat Aurus yang pengembangannya melibatkan tim ahli dari NAMI (lembaga penelitian keilmuan dan pengembangan mesin mobil). Desain heli ini memperlihatkan rancangan kemewahan seperti halnya digunakan pada mobil-mobil kelas atas.

BACA  Rantis dan Ranpur Andalan Korps Paskhas TNI AU (Bagian 1)

Di bagian pameran statik terdapat prototipe helikopter ringan VRT500 bermesin tunggal dan helikopter tanpa awak VRT300 yang dikembangkan oleh Desain Biro VR-Technology.

Direktur Umum Russian Helicopters Andrey Boginsky menyatakan, kehadiran heli-heli andalan Russian Helicopters di ajang pameran MAKS-2019 sekaligus untuk mengenang dan menghormati 110 tahun kelahiran Mikhail Leontyevich Mil.

VRT500
Roni Sontani Helikopter ringan VRT500 bermesin tunggal di MAKS-2019

Mikhail L. Mil adalah pendiri Biro Desain Mil yang telah melambungkan namanya ke tataran perancang pesawat/helikopter terbaik dunia.

Pada MAKS-2019, Russian Helicopters juga akan memperlihatkan proyek-proyek terbaik dari para peserta kontes Sky.Tech yang digelar oleh Russian Helicopters.

Heli-heli lain yang ditampilkan Russian Helicopters dalam pameran ini, baik secara statik maupun dinamik, meliputi helikopter terbesar di dunia Mi-26T2V, heli angkut serbu Mi-38T, heli melidum Mi-171A2 dan Mi-17V-5, helikopter serang Mi-24P dan Mi-35M, heli intai tempur Ka-52K Katran, dan heli serang Mi-28NE Night Hunter.

Mi-35M
Roni Sontani Helikopter Mi-35M.

Di jajaran heli ringan ada Ka-226T dan Ansat. Sementara heli Ka-32A11BC menampilkan demonstrasi pemadaman api dari udara.

BACA  Aeroflot jadi maskapai pertama pengguna A350 di Eropa Timur dan CIS

Dari divisi Russian Helicopters yang lain yaitu Novoibirsk Aircraft Repair Plant menampilkan layanan kontainer mobil udara menggunakan heli Mi-8/17.

Roni Sontani

dari Zhukovsky, Moscow Region, Russia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *