Lakukan Inovasi, Dislitbangau Ciptakan Konsol untuk Hujan Buatan di Pesawat NC212

AIRSPACE-REVIEW.com – Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Udara (Dislitbangau) berhasil melakukan inovasi dengan menciptakan konsol untuk hujan buatan di pesawat NC212 Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Kegiatan Litbangbuat (penelitian, pengembangan, dan pembuatan) yang dilaksanakan Dislitbangau ini adalah menciptakan alat baru proses tabur penyemaian garam sehingga kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dapat terlaksana lebih baik lagi.

Sebelumnya, proses TMC menggunakan pesawat NC212 dilaksanakan dengan cara konvensional. Yaitu dengan menaburkan serbuk garam dari karung-karung garam ke corong penyemaian. Cara ini kurang sehat bagi operator penyemaian maupun kru pesawat.

Foto-foto: Letkol Tek Heri Heriadi

Selain itu, turbulensi serbuk garam yang terjadi akan mengenai bagian-bagian pesawat dan menimbulkan potensi korosif.

BACA  Kursi Berdiri untuk Penerbangan Berbiaya Rendah? Kenapa Tidak!

Proyek Litbangbuat konsol TMC di pesawat NC212 melibatkan Subdis Iptek Dislitbangau sebagai leading sector dan dibantu oleh para Perwira Ahli Bidang (PAB) yang kompeten dalam bidang desain engineering maupun fabrikasi konsol.

Kepala Seksi Teknologi Dirgantara (Kasitek Dirga) Dislitbangau Letkol Tek Heri Heriadi, S.T, M.T kepada Airspace Review menerangkan, kegiatan pembuatan konsol TMC pada pesawat NC212 dimulai pada awal 2019. Dimulai dengan kegiatan Peta Litbang ke operator/end-user dalam hal ini Skadron Udara 4.  

Proses berjalan dengan baik hingga akhirnya dilaksanakan tahapan uji statis pada Juli dan uji dinamis pada Agustus 2019.

Uji penerbangan penyemaian garam pun telah dilaksanakan satu sorti penerbangan pada 22 Agustus 2019.

BACA  SHERP ATV, Monster Amfibi Pelibas Segala Medan Asal Rusia

Dijelaskan Heri, mekanisme kerja konsol TMC pada NC212 menggunakan prinsip full gravity dan suction dari negative pressure.

“Garam akan keluar setelah valve release dalam posisi Open melalui single-ducting,” ujar Heri.

Sementara pada C-130 dan CN295, proses pelepasan serbuk garam memanfaatkan tekanan udara di kabin (cabin pressure).

Konsol TMC pada NC212 terbuat dari bahan baja tahan karet (stainless steel) dengan bobot 195 kg. Konsol ini mampu menampung serbuk garam sebanyak 800 kg. Konsol dioperasikan oleh dua orang untuk melaksanakan penyemaian garam dalam kegiatan pembuatan hujan buatan atau TMC.

Roni Sontani

One Reply to “Lakukan Inovasi, Dislitbangau Ciptakan Konsol untuk Hujan Buatan di Pesawat NC212”

  1. Dislitbang TNI AU nih..biangnya…inovasi macam gini sangat diperlukan, jadi jangan ngandalin tender..TNI mampu melakukan sendiri agar terbiasa dengan langkah darurat yang perlu kerja cepat. Bravo TNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *