Dua Siswa KTPT EMB-314 Super Tucano Skadron Udara 21 Berhasil Terbang Solo

AIRSPACE-REVIEW.com – Dua Siswa Kursus Terbang Pesawat Tempur (KTPT) EMB-314 Super Tucano yang tengah menjalani pendidikan di Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang telah berhasil melaksanakan tahapan Terbang Solo (terbang tanpa instruktur).

Untuk menandainya dilaksanakan tradisi penyiraman air bunga, pemecahan telur dan penempelan tepung kepada dua siswa tersebut, yaitu Letda Pnb Yanuar Firmansyah dan Letda Pnb Rizky A. Damara.

Tradisi penyiraman air bungan dipimpin oleh Komandan Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Pnb Eko Sujatmiko, S.E.,M.M., di shelter Skadron Udara 21 pada Kamis (22/8/2019).

Komandan Skadron Udara 21 Letkol Pnb Hery Stiawan, S.Sos.,M.A.P. menyatakan, kedua siswa merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2017.

Setelah lulus menjalani pendidikan akademi, mereka mengikuti tes penerbang TNI AU dan setelah dinyatakan lulus menjalani pendidikan penerbang di Sekolah Penerbang (Sekbang), Lanud Adisoetjipto, Yogyakarta.  

Penlanud Abd

Pendidikan dijalani kurang lebih dua tahun dan setelah itu pada Mei 2019 mereka melaksanakan wingday atau wisuda di Sekbang.  

Lanud Abdulrachman Saleh mendapat delapan perwira remaja lulusan Sekbang. Masing-masing terdiri dari dua perwira untuk Skadron Udara 4, Skadron Udara 21, dan Skadron Udara 32. 

Dua perwira remaja lainnya adalah untuk Skadron Udara 33, sebagai skadron udara baru pecahan dari Skadron Udara 32 yang bermarkas di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Pada 26 Agustus 2019, enam perwira siswa kursus terbang transisi di Lanud Abdulrachman Saleh menjalani pendidikan. Termasuk Letda Pnb Yanuar Firmansyah dan Letda Pnb Rizky A. Damara sebagai siswa KTPT EMB-314 Super Tucano di Skadron Udara 21.

Istimewa Vivanews

Terdapat dua materi utama pendidikan yaitu Bina Kelas dan Bina Terbang. Pada 22 Agustus 2019 kedua siswa memasuki tahap Bina Terbang dan mampu menjalani Terbang Solo dengan lancar.

Untuk itu dilaksanakan tradisi terbang solo sebagai bentuk apresiasi kepada kedua siswa penerbang tersebut.

Demikian, Airspace Review sarikan dari rilis berita yang dikirim Kepala Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Sus Dodo Agusprio S, S.S.

Roni Sontani     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *