Armor International Perkenalkan MRAP Hunter XL di Parade Hari Kemerdekaan Kolombia

AIRSPACE-REVIEW.com – Perusahaan lokal Armor International (AI) menghadirkan kendaraan tempur (ranpur) baru Hunter XL dalam perayaan Hari Kemerdekaan Kolombia pada 20 Juli 2019.

Sesuai dengan kodenya XL, ranpur ini berukuran lebih besar dibanding pendahulunya Hunter TR-12.

Seperti diwartakan oleh situs zona-militar.com, ranpur Hunter XL dapat menampung hingga 19 orang termasuk pengemudi, komandan, dan operator senjata. Sedangkan Hunter TR-12 hanya dapat menampung 12 orang saja.

Tampilan Hunter XL sangat menyerupai ranpur MaxxPro XL buatan Navistar Defense dari Amerika Serikat (AS).

Hunter XL/Zona Militar

Dapat dimaklumi karena Hunter XL juga mengadopsi sasis truk spek militer Workstar 7300 yang dipasok langsung oleh Navistar Defense.

Kendaraan dibekali mesin turbo diesel MaxxForce D model D9.3I6 berdaya 330 hp. Hunter XL menggunakan transmisi otomatis Allison 3000 dengan lima percepatan maju dan satu mundur.

BACA  USAF tambah 12 HH-60W Combat Rescue Helicopter senilai 500 juta dolar

Kecepatan maksimum Hunter XL di jalan datar sekitar 105 km/jam dan berjangkauan operasi sejauh 600 km.

Seperti halnya Navistar MaxxPro, AI Hunter XL juga tergolong ranpur MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected). Desain lambungnya berbentuk huruf V, berguna untuk melemahkan energi ledakan ranjau atau bahan peledak improvisasi (IED).

Hunter XL/Zona Militar

Sementara untuk tingkat pelindungan balistiknya, kulit Hunter XL dapat menahan tumbukan amunisi yang dilontarkan senapan dengan kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm.

Sebagai senjata bela diri, di atas atap Hunter XL dapat dipasangi senapan mesin Browning M-2H kaliber 12,7 mm seperti yang digunakan dalam parade.

Hunter TR-12/Armor International

Sebagai opsional Hunter XL dapat dipersenjatai FN Herstal M-249 kaliber 5,56 mm buatan Belgia, Ordnance M -60E4 kaliber 7,62 mm buatan AS, atau peluncur granat otomatis Milkor MK-19 kaliber 40 mm buatan Afrika Selatan.

BACA  "Stellar" Capai 1.000 Jam Terbang di Sukhoi

Guna meningkatkan kesadaran situasional di lapangan, Hunter XL dilengkapi kamera termal dan kamera mundur (pantau belakang). Sebagai akses keluar masuk awak tersedia lima pintu (empat di samping dan satu di belakang).

Maxxpro XL/Navistar Defense

Disebutkan, hingga saat ini Hunter XL masih dalam fase evaluasi oleh Angkatan Darat Kolombia sebelum resmi diadopsi menyusul Hunter TR-12.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *