HUT ke-55 Lanudal Juanda, 8 Pesawat Puspenerbal Tabur Bunga di Landasan

AIRSPACE-REVIEW.com – Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda merayakan ulang tahunnya yang ke-55. Peringatan HUT Lanudal Juanda diperingati berbeda kali ini, yakni dengan melaksanakan tabur bunga di sepanjang landasan pacu Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Tabur bunga dilaksanakan menggunakan delapan pesawat Puspenerbal yang berjalan perlahan di sepanjang Landasan 10 – 28 pada Senin (12/8/2012).

Pesawat tersebut terdiri dari satu TB 9 Tampico sebagai pemimpin formasi, satu Baron G 58, empat Bonanza G 36, satu CASA NC 212, dan satu CN235 sebagai penutup formasi.

Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) dalam rilis berita yang dilayangkan kepada Airspace Review menyatakan, kegiatan tabur bunga dilakukan dari dalam pesawat dengan konvoi memutari landasan pacu.

Penerbangan komersial yang biasanya sibuk pun tampak sepi, ikut menghormati kegiatan ritual ini.

Dispenal

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana ikut berpartisipasi menaburkan bunga dari pesawat CN235.

Ia mengatakan, acara tabur bunga selain untuk merayakan 55 tahun HUTLanudal Juanda, juga untuk mengenang perjuangan membangun Lanudal Juanda.

“Momen ini kita rayakan berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk mengenang perjuangan para pendahulu membangun landasan dan pangkalan ini,” ujarnya.

Dijelaskan, Lanudal Juanda merupakan enclave civil. Artinya, pangkalan militer yang juga digunakan untuk kepentingan sipil. Dalam hal ini Bandara Internasional Juanda berada di dalam area Pangkalan TNI AL.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *