Ikut Kompetisi Udara Aviadarts di Rusia, PLAAF Turunkan Armada Terbaiknya

AIRSPACE-REVIEW.com – Untuk kelima kalinya Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) mengikuti lomba ketangkasan udara Aviadarts yang merupakan bagian dari acara International Army Games 2019.

Selain China, peserta asing yang juga hadir mengadu kemahiran adalah Angkatan Udara & Pertahanan Udara Kazakhstan serta Angkatan Udara Militer Republik Belarus.

Seremoni pembukaan pertandingan dilaksanakan pada 5 Agustus dan ditutup pada 17 Agustus. Kegiatan Aviadarts dilangsungkan di wilayah Dubrovichi Polygon-Oblast Ryazan, Rusia.

Setiap tim peserta Aviadarts terdiri dari pemimpin tim dan awak pesawat 22 orang, tim manajemen penerbangan 25 orang, serta pelatih dua orang.

PLAAF JH-7A
Scramble Magazine

Kemudian staf teknik sebanyak 25 orang untuk tiap jenis pesawat, staf pemeliharaan lima orang untuk tiap pesawat, serta sepuluh orang wasit.

Kontes Aviadarts fokus pada kegiatan yang mencakup pertempuran aktual, pengintaian udara secara visual, serangan darat, penerbangan aerobatik ketinggian rendah, misi airdrop, dan pendaratan presisi.

Selama kompetisi ini para pilot akan melakukan penerbangan terkendali sepanjang rute 150 km. Disimulasikan pilot terbang menghindari sistem pertahanan udara dan kemudian menyerang target darat atau penerjunan barang.

Setiap jet tempur dipersenjatai roket udara ke permukaan tak berpemandu dan kanon internal 20/30 mm. Pesawat serang dibatasi membawa empat roket tak berkendali dan satu bom 250 kg yang juga tak berpemandu.

Scramble Magazine

Pesawat pembom jarak jauh hanya diperbolehkan membawa dua bom tak berpemandu seberat 250 kg. Sedangkan pesawat angkut akan berlomba dalam ketepatan pengedropan alat berat via udara.

Dalam mengikuti lomba internasional yang pertama ini PLAAF tak main-main. PLAAF menghadirkan armada terbaik yang dimilikinya. Negeri Tirai Bambu juga tak menyiakan acara ini sebagai ajang promosi pesawat militer buatannya.

Dikutip dari Scramble Magazine, pesawat tempur yang diboyong PLAAF adalah J-10, JH-7A II, dan pesawat pembom jarak jauh H-6K. Sementara untuk pesawat angkut berat PLAAF menghadirkan Y-9.

Scramble Magazine

Lawan terberat PLAAF dalam kompetisi Aviadarts tentunya adalah sang tuan rumah yang diwakili Angkatan Udara Federasi Rusia.

Ikut turun gelanggang adalah jet tempur Su-27SM/Su-30SM, pesawat serang Su-24M dan Su-34. Sementara jenis pesawat pembom diwakili Tu-22M dan pesawat angkut berat dipercayakan pada Il-76MD.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *