Cara salam Panglima TNI dan Kapolri selagi virus corona masih mewabah

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Banyak cara bersalaman digunakan manusia. Pada saat virus corona baru (COVID-19) masih mewabah, cara saling memberi salam antarsesama ini pun banyak yang diubah. Yang tadinya berjabatan tangan, kini diganti dengan cara yang berbeda-beda dan mungkin unik bagi sebagian kalangan.

Intinya, hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak fisik secara langsung dengan orang lain.

Seperti diketahui, berjabatan tangan dengan banyak orang menimbulkan peluang tersebarnya virus corona baru yang menempel di tangan.

Di sejumlah sekolah, kebiasaan bersalaman siswa atau mencium tangan guru (salim) pun untuk sementara disetop dulu dan diganti dengan cara menempelkan tangan di dada sambil sedikit menunduk.

Di jajaran TNI dan Polri, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis pun punya cara bersalaman tersendiri.

Dalam beberapa kesempatan belakangan ini keduanya tidak lagi terlihat berjabatan tangan dengan orang lain saat bersalaman.

Panglima TNI kunjungi Riau
Penlanud Rsn

Terlihat dalam foto saat orang nomor satu di TNI dan Polri ini melakukan kunjungan kerja ke Riau untuk meluncurkan aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nasional pada Senin (9/3). Keduanya tidak menjulurkan tangan untuk berjabatan tangan.

Saat disambut oleh Komandan Lanud (Danlanud) Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Moningka, Panglima TNI dan Danlanud pun bersalaman dengan cara salam “Wai” ala Thailand atau “Namaste” ala India.

Lain lagi dengan Kapolri saat melakukan kunjungan kerja ke Bandung pada Rabu (11/3).

Usai turun dari pesawat di apron Lanud Husein Sastranegara, terlihat Kapolri dan Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bonang Bayuaji bersalaman dengan cara adu sikut (Elbow Bump).

Kapolri-dan-Danlanud-Husein
Penlanud Hsn

Tampak unik, namun ini salah satu cara bersalaman untuk menghindari kontak tangan langsung selain saling melambaikan tangan atau adu kepal.

Elbow bump pertama kali dipopulerkan tahun 1969 saat terjadi wabah lepra yang bersumber di Kalaupapa, Hawaii kala itu.

Di Amerika Serikat, Wakil Presiden Mike Pence yang ditunjuk oleh Presiden Donald Trump untuk memimpin penanggulangan COVID-19 juga melakukan cara salaman elbow bump dengan para pejabat lainnya.

Mike Pence elbom bump
AP

Menghadapi mewabahnya COVID-19, berbagai upaya ditempuh. Salah satunya adalah dalam hal cara bersalaman yang menjadi budaya alamiah manusia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *