Radar Baru Buatan LM Akan Lindungi Amerika Serikat dari Serangan Rudal Balistik

AIRSPACE-REVIEW.com – Sebuah sistem radar baru yang dibangun oleh Lockheed Martin (LM) dilaporkan telah dikirim ke Clear Air Force Station, Alaska untuk diinstalasikan.

Radar dengan nama LRDR (Long Range Discrimination Radar) ini dibuat melalui program yang diluncurkan oleh Badan Pertahanan Rudal (MDA) Amerika Serikat (AS).

LRDR akan berfungsi melindungi seluruh wilayah AS dari serangan rudal balistik. Radar akan mendeteksi kehadiran seluruh rudal balistik yang mengarah ke wilayah AS untuk kemudian dihancurkan menggunakan sistem antiserangan rudal.

Lockheed Martin telah menyelesaikan rangkaian uji Tingkat 7 radar LRDR pada Desember 2018 untuk kemudian berlanjut ke jalur produksi.

Menurut LM di lamannya (6/8), LRDR mengombinasikan teknologi SSR (solid state radar) dengan algoritma pertahanan rudal balistik yang keduanya telah teruji keandalannya.

Lockheed Martin

Saat ini satu panel LRDR telah tiba di Clear AFS, Alaska setelah menempuh perjalanan darat sejauh 5.000 mil dari fasilitas LM di Moorestown, New Jersey. Panel LRDR setinggi 27 kaki (8,2 m) diangkut menggunakan truk.

Panel ini merupakan satu dari 20 unit yang akan dikirim ke Alaska dalam beberapa bulan ke depan guna diinstalasi. Dibutuhkan 1.800 ton baja untuk membangun konstruksi radar di satuan radar LRDR AFS Alaska.

LM menyatakan, rangkaian final beam (balok terakhir) untuk instalasi LRDR telah dipasang pada Juni lalu.

Clear AFS/USACE

Seorang kru dari LM menyatakan, salah satu tantangan terbesar dalam membangun fasilitas radar di Alaska adalah suhu subzero (di bawah -18 C) yang harus dihadapi para pekerja.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *