500 Prajurit Korps Marinir AS Diangkut Menggunakan Heli CH-53E Super Stallion

AIRSPACE-REVIEW.com – Helikopter angkut berat CH-53E Super Stallion buatan Sikorsky (Lockheed Martin) mengangkut 500 prajurit Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) dalam suatu latihan penyerbuan udara di Stasiun Udara USMC New River, North Carolina.

Tidak disebutkan, berapa unit Super Stallion yang dikerahkan dalam latihan yang dilaksanakan bersama Skadron Latih Helikopter Angkut Berat USMC ini.

Seperti diberitakan Defence-Blog.com (5/8), kegiatan dilaksanakan sebagai latihan untuk menghadapi pasukan musuh.

Paige Stade
Paige Stade

Latihan mengaplikasikan konsep perencanaan dan koordinasi antara kekuatan dukungan udara dengan para komandan pasukan di darat.

Dengan kata lain, latihan tidak hanya melaksanakan operasi penempatan pasukan melalui udara saja. Lebih dari itu adalah bagaimana menguji pelaksanaan rencana penyerangan terhadap kekuatan musuh.

Bagi unsur udara yang terlibat, yakni Wing Pesawat Marinir ke-2 USMC, latihan juga sangat bermanfaat bagaimana menggunakan kawanan helikopter angkut berat CH-53E secara maksimal dalam mendukung sebuah operasi penyerbuan dari udara.

Paige Stade

Untuk diketahui, kabin heli CH-53E Super Stallion didesain berkapasitas angkut 30 personel menggunakan kursi lipat kanvas pada bagian dinding kabin.

Dengan penambahan baris kursi di bagian tengah lorong kabin, heli ini mampu mengangkut 55 personel.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *