Kapal Pendarat LCM-1E Gendong Tank Abrams dari HMAS Canberra Menuju Bibir Pantai

AIRSPACE-REVIEW.com – Kapal Pendarat atau landing craft adalah kapal berukuran kecil-menengah yang diluncurkan dari kapal besar guna mengantarkan muatan dari kapal yang berlabuh di laut menuju bibir pantai.

Seperti halnya landing craft yang digunakan oleh Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy/RAN) dari kapal pengangkut helikopter HMAS Canberra (L02) yaitu LCM-1E (landing craft mechanical 1E).

HMAS Canberra sendiri merupakan kapal landing helicopter dock (LHD) yang dilenkgapi empat unit LCM-1E.

Yang menarik, untuk pertama kalinya LCM-1E dari HMAS Canberra ini digunakan untuk mengangkut tank tempur utama M1A1 Abrams.

Kegiatan merupakan rangkaian pengujian yang dilaksanakan oleh Batalion Pendukung Dinas Tempur ke-3 dan Resimen Kavaleri ke-2, Brigade Angkatan Darat ke-3 Australia dalam latihan bersama Amerika Serikat bersandi Talisman Sabre 2019.

RAN

Talisman Sabre dilaksanakan rutin oleh kedua negara setiap dua tahun sekali dan kali ini merupakan yang ke-8 kali dilaksanakan.

Sebelumnya, LCM-1E telah menjalani modifikasi pada bagian ruang mesinnya sehingga kapasitas angkut kapal meningkat menjadi lebih 60 ton. Dengan begitu, kapal pendarat ini secara teori dapat mengangkut tank Abrams.

Selain Abrams, kapa tersebut juga menguji coba pengangkutan kendaraan pemulihan (recovery vehicle) M88A2 dan kendaraan berat lainnya.

Mengutip pemberitaan NavalToday.com (2/8), percobaan dilakukan tidak hanya satu kali, melainkan dicoba berulang kali selama dua hari. Baik dari kapal menuju bibir pantai maupun sebaliknya.

RAN
HMAS Canberra/US Navy

Merujuk pada pemberitaan NavyRecognition.com (30/7) disebutkan, LCM-1E yang berukuran medium ini masuk kategori fast landing craft. Kapal dirancang dapat digunakan dalam operasi pendaratan.

LCM-1E diawaki oleh tiga hingga empat orang. Kapal berbobot mati maksimum 110 ton (muatan penuh) ini berukuran panjang total 23,2 m dan lebar 6,4 m. Luas ruang angkutnya mencapai 103 m2.

Bila digunakan untuk melaksanakan pendaratan pasukan, LCM-1E mampu mengangkut 170 personel Korps Marinir.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *