Diangkut Menggunakan An-124, 4 AH-64E Apache Pesanan India Tiba di Hindon AFS

AIRSPACE-REVIEW.com – India dilaporkan telah menerima empat unit helikopter serang AH-64E Apache dari 22 unit yang dipesan. Keempat heli tiba di Hindon Air Force Station, Komando Udara Barat, luar kota New Delhi, Sabtu (27/7).

Laman IndiaToday.in melaporkan, pengiriman heli buatan Boeing, Amerika Serikat ini lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

Heli selanjutnya akan segera diserahterimakan kepada Angkatan Udara India (IAF) untuk segera digunakan.

Sementara itu mengutip pernyataan Boeing, FlightGlobal.com (29/7) melaporkan, kedatangan 4 AH-64E kelompok pertama akan disusul dengan pengiriman empat unit kelompok kedua minggu depan.

Keempat heli pertama diangkut menggunakan pesawat Antonov An-124 Ruslan. Selanjutnya, heli akan digeser ke Pathankot Air Force Station di mana mereka akan ditempatkan di sana. Demikian juga dengan empat heli berikutnya.

Apache
via Business Today Business Today

Pathankot berada di negara Punjab, sebelah selatan Jammu dan Kashmir. Penempatan heli serang terbaru AH-64E di sana menunjukkan bahwa India menambah kekuatan udara IAF di wilayah perbatasan.

India tercatat sebagai negara ke-14 yang menggunakan helikopter AH-64. Sebanyak 22 AH-64E dipesan Kementerian Pertahanan India pada 2015 untuk IAF.

@ANI
IAF

Dua tahun kemudian, 2017, New Delhi menambah enam pesanan heli serupa yang akan digunakan oleh Angkatan Darat India.

Akan halnya 22 heli untuk IAF, dijadwalkan pengiriman seluruh heli ini rampung tahun depan.

Roni Sontani

One Reply to “Diangkut Menggunakan An-124, 4 AH-64E Apache Pesanan India Tiba di Hindon AFS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *