Russian Helicopters Serahkan 3 Heli Multiperan Ka-32A11BC kepada Turki

AIRSPACE-REVIEW.com – Russian Helicopters, bagian dari Rostec State Corporation, telah menyerahkan tiga unit helikopter multiperan Ka-32A11BC kepada Turki. Heli akan dipergunakan sebagai armada pemadaman api.

Kaan Air dari Turki pada Juli 2018 menandatangani pemesanan tiga unit heli ini. Saat ini ketiga heli telah selesai diserahkan.

Russian Helicopters dalam rilis yang dilayangkan kepada Airspace Review, Kamis (25/7) menyatakan, Ka-32A11BC dibuat dengan perlengkapan sistem pemadam api terbaik.

“Heli ini merupakan yang terdepan di kelasnya sebagai solusi terbaik untuk menjalankan misi-misi yang luas,” ujar Andrey Boginsky, CEO Russian Helicopters Holding Company.

Helikopter
Roni Sontani Andrey Boginsky (photo: Roni Sontani/AR)

Ditambahkan, dengan diserahkannya ketiga heli kepada pemesan di Turki, Russian Helicopters akan mengembangkan kemitraan lebih jauh dengan Turki termasuk dalam hal pelayanan after-sales support.

Sementara itu, Direktur Kerja Sama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec Viktor Kladov menyatakan, Rusia memiliki industri kedirgantaraan yang kompeten dalam melahirkan helikopter sipil.

“Tergantung kebutuhan untuk menjalankan tugas dan misi apa, kami siap mengirimkan beragam helikopter kepada mitra kami di Turki,” ujar Kladov.

Kladov memprediksi, kebutuhan akan helikopter jenis ini di Turki mencapai lusinan unit.

Selain untuk misi pemadaman api, Ka-32A11BC efektif digunakan sebagai transportasi udara untuk pengangkutan kargo baik secara internal maupun eksteral menggunkan sling, wahana angkut di medan perhutanan, maupun sebagai helikopter untuk evakuasi medik udara.

Ka-32A11BC
Russian Helicopters Russian Helicopters

Ka-32A11BC dapat mengangkut muatan eksternal menggunkan sling seberat 5 ton.

Heli yang dilengkapi baling-baling model tumpuk (koaksial) ini memiliki masa pakai hingga 32.000 jam terbang dan membutuhkan biaya operasional yang rendah.

Heli yang telah mendapatkan sertifikasi EASA sesuai FAR-29 dan AP-29 ini digunakan luas di berbagai negara. Di antaranya di Azerbaijan, Indonesia, Spanyol, Kanada, Kazakhstan, China, Portugal, Rusia, Swiss, Korea Selatan, dan Jepang.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *