Swedia Gabung Inggris Kembangkan Jet Tempur Siluman Tempest

REUTERS

AIRSPACE REVIEW (AngkasaReview.com) – Swedia memastikan diri menjadi mitra pertama koalisi Inggris dalam pengembangan program jet tempur siluman Tempest.

Dukungan terhadap pesawat yang disebut Inggris sebagai jet tempur generasi keenam ini diumumkan Stockholm pada Jumat, (5/7/2019).

Diberitakan Telegraph, cita-cita Inggris mewujudkan Tempest semakin dekat dengan bergabungnya Swedia dalam program ini.

Seperti diketahui, Inggris telah meluncurkan program Tempest pada penyelenggaraan Farnborough International Airshow tahun lalu.

Program Tempest diumumkan langsung oleh Menteri Pertahanan Inggris saat itu Gavin Williamson yang sekaligus membuka kain penutup mock-up jet Tempest untuk diperkenalkan kepada publik.

Proyek Team Tempest akan dipimpin oleh BAE Systems dengan dukungan dari Kementerian Pertahanan Inggris, Rolls Royce, MBDA UK, dan Leonardo.

Sebelumnya pada Mei 2019, Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist membenarkan kalau Swedia terlibat pembicaraan tingkat tinggi dengan Inggris terkait pengembangan Tempest. Swedia menyertakan industri pertahanan Saab dalam proyek masa depan ini.

UK MoD

Swedia melihat prospek yang baik untuk bekerja sama dalam program Tempest dengan Inggris dibanding program serupa yang dikembangkan Perancis dan Jerman yaitu Proyek Future Combat Air Systems (FCAS).

Dicanangkan, Tempest akan digunakan Angkatan Udara Inggris mulai 2035. Pesawat akan menggantikan peran Eurofighter Typhoon.

Tempest akan menjadi bagian dari Strategi Tempur Udara Inggris. Selain dibuat sebagai jet tempur berawak, Tempest juga akan dibuat dalam versi tak berawak. Pesawat akan dilengkapi senjata kinetik maupun non-kinetik.

Pilot pada jet Tempest dapat mengendalikan armada pesawat tanpa awak yang akan menjadi bagian dari sistem tempur udara masa depan. Sistem ini dirancang dapat menembus pertahanan lawan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *