Ketua STPI Curug Berguru Aerobatik kepada Marsdya (Purn) Eris “Mustang” Herryanto

Aerobatik Pitts S-2CDok. Pribadi

AngkasaReview.com – Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug Capt. Novyanto Widadi berguru aerobatik kepada penerbang/instruktur aerobatik senior Indonesia Marsdya (Purn) Eris Heryyanto. Kegiatan penerbangan dilaksanakan di Lapangan Terbang Pusdirga Cibubur, Jakarta Timur.

Pada Sabtu pagi, 15 Juni 2019, Novyanto (Novy) dibawa Sang Guru yang sama-sama alumni TNI AU ini terbang aerobatik di atas Sentul dan Wiladatika Field.

Pesawat yang digunakan adalah Pitts S-2C bersayap ganda yang biasa digunakan “Mustang” untuk melaksanakan kegiatan aerobatik setiap akhir pekan.

Sebagai instruktur, Eris duduk di kursi belakang. Sementara Novy sebagai siswa duduk di kursi depan.

aerobatik cibubur
Rachmat Kartakusuma
aerobatik cibubur
Rachmat Kartakusuma

Penerbangan sorti pertama dilaksanakan selama 45 menit. Sejumlah manuver dilaksanakan seperti Loop, Cuban, Torque Roll, Spin, Hammer Head, dan Outside Loop dengan rentang gravitasi bervariasi antara -3G hingga 4G.

Sebelum ini, Novy sering melakukan penerbangan aerobatik menggunakan pesawat Super Decathlon buatan American Champion Aircraft. Selain di Pitts S-2C, ia juga berharap dapat terbang aerobatik menggunakan pesawat XtremeAir XA-42.

Sejumlah pesawat aerobatik lain juga pernah dijajal Novy. Di antaranya adalah MSW Votec 322, Aviat Christen Eagle II,  dan Pilatus PC-7.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *