Para Penerbang Il-38 Armada Pasifik Rusia Latihan Perburuan Kapal Selam

ANGKASAREVIEW.COM – Para penerbang pesawat patroli maritim Ilyushin Il-38/Il-38N Armada Pasifik Rusia melaksanakan latihan perburuan kapal selam di wilayah Utara Jauh.

Latihan dilaksanakan para penerbang Il-38 mulai dari Kamchatka, Timur Jauh. Mereka berlatih melaksanakan tahapan awal lepas landas dan mendarat dan dilanjutkan dengan terbang dalam cuaca berbeda.

Setelah itu, para penerbang melaksanakan penerbangan perburuan kapal selam dengan cara mencari dan menandai ‘ikan-ikan besi’ bawah air tersebut hingga ke zona arktik.

Tautan: Rusia Perlihatkan Torpedo Udara Antikapal Selam Terbaru

Dalam mencari dan menemukan kapal selam, para penerbang Il-38/Il-38N menggunakan peralatan radar di pesawat dan perangkat sonar.

Il-38SDSergey Krivchikov

Bagian Penerangan Armada Pasifik Rusia menyatakan, sedikitnya empat pesawat Il-38/Il-38N dilibatkan dalam latihan yang dimulai hari Selasa.

Tautan: Rusia Kerahkan Dua Pembom Strategis Tu-142MZ untuk Melatih Elang-elang Muda

Il-38 Dolphin (NATO: May) merupakan pesawat patroli maritim yang sudah tua namun masih tangguh digunakan. Sejumlah pesawat ini menjalani dimodernisasi dan mendapat kode Il-38N atau kadang disebut juga Il-38SD (Sea Dragon).

Tautan: Samai Armada Laut Hitam, Rusia Akan Lengkapi Armada Pasifik dengan 6 Kapal Selam Varshavyanka

Il-38 diproduksi oleh Uni Soviet pada 1967-1972 dan hanya dua negara yang menggunakan yakni Uni Soviet (Rusia) dan India. Masing-masing negara menggunakan untuk memperkuat angkatan lautnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *