Mock-up Heli Serang Kelas Berat ATAK 2 Tampil Perdana di IDEF 2019

ATAK 2TAI

ANGKASAREVIEW.COM – Turkish Aerospace Industries (TAI) akan mempertunjukkan untuk pertama kalinya mock-up helikopter serang ATAK 2 dalam pameran pertahanan IDEF 2019 pada 30 April – 3 Mei di Istanbul, Turki. Demikian dikutip Angkasa Review dari savunmasanayist.com.

Sobat AR, kesepakatan pengembangannya ATAK 2 ditandatangani oleh SSB (Undersecretariat for Defence Industries) bersama TAI pada Februari 2019 silam. ATAK-2 dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Bersenjata Turki (TSK) dan juga untuk ekspor di kemudian hari.

ATAK 2 merupakan heli serang garis depan yang lebih perkasa dari T219 (lisensi berdasar Leonardo A129). ATAK-2 dapat menjalankan misi di kondisi geografis dan lingkungan yang keras. Ditunjang dengan muatan senjata yang besar dan sistem avionik modern serta kinerja yang tinggi.

Tautan: Kejutan Baru, Turki Kembangkan Heli Serang Kelas Berat ATAK 2

Heli berawak dua ini memiliki kecepatan maksimum 318 km/jam dengan ketinggian terbang hingga 6.000 m. Heli mampu beroperasi siang malam dalam cuaca ekstrem mulai dari suhu dingin -40 C hingga panas 50 C.

ATAK 2TAI
ATAK 2 dibekali persenjataan tetap berupa kanon kaliber 30 mm di bawah dagunya. Sementara di tiap sayapnya kecilnya disediakan tiga gantungan untuk tabung roket 70 mm berpengendali, rudal anti tank, dan rudal antipesawat.

Tautan: Turki dan Pakistan Menuju Pembicaraan Akhir Jual-Beli 30 Heli T129 ATAK

Sebagai heli serang modern, pada ATAK 2 akan dicangkokkan sistem pelacakan sasaran dan pencitraan target. ATAK 2 juga dilengkapi sistem peperangan elektronik, sistem navigasi, serta komunikasi yang canggih.

ATAK 2TA
Untuk mempercepat sekaligus menekan biaya pengembangan, ATAK 2 akan banyak berbagi komponen dengan heli serang T129 dan heli medium serbaguna T625. Di antaranya adalah sistem transmisi, sistem rotor, dan perangkat pendaratan.

Tautan: Filipina Segera Proses Pembelian 16 Heli Black Hawk dan 8 T-129 ATAK

Uji terbang heli ATAK 2 baru akan dilakukan lima tahun ke depan, tepatnya di tahun 2024.

Bila telah terwujud, ATAK 2 akan bersaing dengan helikopter serang kelas berat AH-64E dari Amerika Serikat, Mi-28 dari Rusia, dan WZ-10 dari China.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *