Empat Typhoon Inggris Merapat ke Estonia

ANGKASAREVIEW.COM – Empat jet tempur Eurofighter Typhoon milik Angkatan Udara Inggris (RAF) merapat ke Pangkalan Udara Ämari di Estonia. Kawanan jet tempur badai ini terbang dari markasnya di RAF Coningsby, Lincolnshire, Inggris pada 25 April untuk melaksanakan pengamanan wilayah udara (air policing) NATO di kawasan Baltik.

Typhoon RAF akan menggantikan peran jet serupa milik Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe) selama beberapa bulan ke depan.

Pangkalan Udara Ämari di Estonia dipilih untuk menghalau berbagai ancaman udara yang masuk dari arah timur wilayah udara NATO. Pangkalan ini berkoordinasi dengan kekuatan NATO yang ada di Latvia.

Tautan: Dicegat Typhoon dan F-16, Tu-160 Sedang Lakukan Patroli Udara 13 Jam

Penempatan Typhoon di Estonia merupakan yang ketiga kali bagi penempur bersayap delta RAF ini. Yang pertama dilaksanakan Typhoon RAF pada 2016.

TyphoonBAE Systems
Sebelumnya diberitakan, kawanan jet tempur Saab Gripen dari Angkatan Udara Hongaria (HUNAF) juga akan mengemban tugas di Pangkalan Udara Šiauliai, Lithuania. Gripen didaulat untuk memimpin misi yang akan dilaksanakan mulai Mei tahun ini.

Tautan: Gripen AU Hongaria Akan Pimpin Patroli Udara NATO di Kawasan Baltik

Selain Hungaria dan Inggris, Spanyol turut berpartisipasi dengan mengirimkan armada F/A-18. Hornet Angkatan Udara Spanyol (EdA) akan bergabung dengan Gripen di Šiauliai.

Typhoon and GripenRAF
Operasi Baltic Air Policing dilaksanakan secara lebih intensif sejak 2014 menyusul tindakan aneksasi Rusia terhadap wilayah Krimea.

Tautan lain: Gentayangan di Atas Laut Baltik, B-52 AS Pilih Kabur Usai Digertak Sepasang Su-27 Rusia

Dihitung dari pelaksanaan sejak 2004, operasi udara di Baltik kali ini adalah yang ke-50 dilaksanakan oleh NATO.

Roni sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *