Beli 100 H135 dari Airbus, China Dapat Pusat Perakitan Akhir dan Bangun 95 Unit

H135Roni Sontani

ANGKASAREVIEW.COM – Kerja sama Airbus Helicopters dengan China telah menghasilkan kesepakatan pembangunan pusat perakitan akhir (Final Assembly Line – FAL) H135 di Qingdao (Tsingtao), Provinsi Shandong.

China pada 2016 membeli 100 H135 dari Airbus dan akan merakit 95 unit heli ini di FAL yang telah diresmikan penggunaannya pada Rabu, 17 April lalu.

FAL H135 di China merupakan FAL pertama yang dibangun oleh negara lain. FAL ini juga sekaligus menjadi FAL pertama untuk helikopter H135 di luar Benua Eropa.

Tautan: Dapat Pesanan 100 Unit H135 dari China, Airbus Helicopters Kirimkan Unit Pertama

Dijadwalkan, pada pertengahan tahun ini FAL H135 di Qingdao sudah meluncurkan H135 rakitan pertamanya. Untuk tahap pertama, kapasitas produksi berkisar 18 heli per tahun dan akan meningkat dua kali lipat pada periode selanjutnya.

Airbus Helicopters in ChinaAirbus Helicopters

Komponen-komponen utama seperti badan heli bagian depan, gearbox, dan badan heli bagian belakang masing-masing dikirim via laut dari pabrik Airbus Helicopters di Donauwörth (Jerman) dan Albacete (Spanyol).

Tautan: Penampakan ACH135 Helionix Terbaru Tampil Perdana di Monaco Yacht Show

Airbus dalam lamannya menyatakan, FAL H135 di Qingdao memiliki lahan seluas 6.500 m2 mencakup empat hanggar kerja (produksi), satu hanggar pengecatan, area uji darat dan uji terbang, serta pusat pengiriman heli.

H135Roni Sontani/AR

FAL ini diawaki oleh 40 tenaga kerja yang 23 orang dari mereka telah mendapatkan pelatihan kerja di Donauwörth.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *