Turki Pertimbangkan Titip Sementara S-400 di Azerbaijan atau di Qatar

ROE

ANGKASAREVIEW.COM – Turki mempertimbangkan untuk menitipkan sementara sistem pertahanan udara (sishanud) S-400 Triumf yang dibeli dari Rusia di Azerbaijan atau di Qatar.

Pertimbangan ini muncul mengingat Amerika Serikat (AS) terus menerus menghalangi pembelian sishanud tersebut dan telah menutup keran pengiriman suku cadang jet tempur siluman F-35 ke Ankara. AS bahkan akan memberlakukan sanksi yang lebih berat lagi bila Turki tetap membandel terhadap larangan mengakuisisi S-400.

Boeing_contoh2

Tautan: Geram Turki Teruskan Pembelian S-400, AS Blokir Pengiriman Komponen F-35 kepada Ankara

Gedung Putih berharap Ankara membatalkan pembelian S-400 dari Moskow. Namun Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengatakan tidak ada alasan bagi Turki untuk membatalkan pembelian tersebut. Ia juga menolak tawaran AS untuk membeli sishanud Patriot sebagai pengganti Triumf.

TASS
Keberatan AS atas pembelian S-400 Turki salah satunya dikarenakan sishanud ini tidak cocok dengan sistem NATO. S-400 juga dinilai membahayakan bagi keamanan penerbangan F-35.

Tautan: Yakinkan Rusia, Turki Tak Akan Beri Kesempatan AS Bongkar Sishanud S-400 Triumf

Kantor berita Trend di Azerbaijan turut menurunkan berita bahwa Ankara kemungkinan akan menempatkan sementara S-400 di negeri beribu kota Baku itu. Meski demikian, belum ada keputusan resmi dikeluarkan oleh Ankara.

Tautan: Turki Minta Pengiriman S-400 Triumf dari Rusia Dipercepat

Presiden Erdoğan bulan lalu menyatakan, pengiriman S-400 oleh Rusia kepada Turki kemungkinan akan lebih cepat. Juli tahun ini Triumf diprediksi sudah bisa dikirimkan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *