Oshkosh Pamerkan L-ATV Versi Ambulans Pertama Kali di AUSA 2019

ANGKASAREVIEW.COM – Produsen kendaraan militer Oshkosh Defense LLC untuk pertama kalinya memamerkan produk terbarunya L-ATV versi ambulans di Simposium Pertahanan Global AUSA (Association of United States Army). Acara berlangsung di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat pada 26-28 Maret 2019.

Sobat AR, L-ATV Ambulance dikembangkan berdasar kendaraan taktis (rantis) baru militer Amerika Oshkosh L-ATV pemenang program JLTV (Joint Light Tactical Vehicle). Program JLTV sendiri merupakan pengembangan rantis bersama untuk Angkatan Darat dan Korps Marinir AS sebagai pengganti keluarga AM General Humvee.

Tautan lain: SHERP ATV, Monster Amfibi Pelibas Segala Medan Asal Rusia

Versi medivac L-ATV tersebut dikembangkan sebagai wahana pertolongan medis bagi prajurit yang menjadi korban pertempuran. Kendaraan menawarkan tingkat perlindungan tinggi bagi personel medis dan prajurit yang terluka saat mereka bergerak melalui dan menjauh dari pertempuran.

BACA  Benahi Keselamatan, Eks Perwira Tinggi AL AS Masuk Jajaran Direksi Boeing

Perlindungan balistiknya dapat menahan gempuran peluru senapan serbu lawan dan hantaman serpihan cangkang munisi artileri medan. L-ATV Ambulance juga sanggup bertahan dari ledakan ranjau darat atau bahan peledak improvisasi (IED).

Tautan lain: Rantis Patriot 4×4 dari Ceko, Pesaing L-ATV Amerika dan Typhoon Rusia

Ketangguhan serta mobilitas gerak yang tinggi dari L-ATV dasar tetap dipertahankan. Selain itu L-ATV Ambulance juga memiliki fleksibilitas dan kapasitas muatan perangkat medis yang dibutuhkan di lapangan.

L-ATV AmbulanceOshkosh Defense

Kompartemen belakang kabin kendaraan ini mampu membawa membawa empat tandu atau delapan pasien terluka dengan posisi duduk. Dapat juga dikombinasikan dua tandu dengan empat pasien posisi duduk.

Tautan lain: Yagu, Ranpur Ringan Berbasis ATV Garapan Plasan Israel

Sebagai tenaga penggerak, keluarga L-ATV mengandalkan mesin diesel GBE 866T kapasitas 6.600 cc berdaya 300 hp dengan dilengkapi transmisi otomatis enam percepatan buatan Allison. Kecepatan maksimum L-ATV mencapai 110 km/jam di jalan datar dengan jangkuan operasi hingga 480 km.

BACA  Komodo 'Albino' Sang Penjaga Perdamaian Dunia Buatan Pindad

Sobat AR, sebagai pemenang progranm JLTV, Oshkosh Defense pada tahap awal ditugaskan membangun sebanyak 3.000 unit. Dengan harga per unit (kendaraan dasar) di kisaran 250.000 dolar AS atau setara 3,5 miliar rupiah. Sejak Januari 2019, L-ATV mulai resmi berdinas untuk militer AS.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: raider

One Reply to “Oshkosh Pamerkan L-ATV Versi Ambulans Pertama Kali di AUSA 2019”

  1. Bismillah, artukel ini Oshkosh Pamerkan L-ATV Versi Ambulans Pertama Kali di AUSA 2019, menginspirasikan bahwasanya di tapal batas di pedalaman pun butuh tipe kendaraan seperti ini ,mungkin akan jadi inspirasi bagi HINO, MERCEDES, ISUZU, dan atpm di tanah air ikut sumbangsih menghibahkan produksinya buat keperluan TNI di lapangan, terutama kebutuhan ambulance lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *