Heli Serbu Multimisi MD 969 Muncul dalam Pameran Heli 2019 di Atlanta

MD 969MD Helicopters

ANGKASAREVIEW.COM – Prototipe heli serbu multimisi (multi-mission assault helicopter) MD 969 Combat Explorer buatan MD Helicopters muncul di ajang pameran HAI (Helicopter Association International) Heli-Expo 2019 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat pada 4-7 Maret.

Heli ini ditawarkan untuk program Pesawat Pengintai Serang Masa Depan (FARA) Angkatan Darat AS (US Army).

Tautan lain: Ups! Gambar Helikopter Serang Masa Depan Rusia Bocor ke Media

MD Helicopters menyatakan, MD 969 dikembangkan dari basis heli ringan berperforma tinggi MD 902 dengan badan terbuat dari bahan komposit. Prototipe MD 969 ditenagai dua mesin dan seperti pendahulunya tidak menggunakan rotor ekor alias NOTAR (no tail-rotor).

MD 969MD Helicopters

Direncanakan, heli bersenjata ini nantinya akan menggunakan mesin pemenang dari program Improved Turbine Engine Programme (ITEP) yang telah diumumkan AD AS pada Februari lalu yaitu mesin turboshaft GE Aviation T901-GE-900.

Tautan lain: Pakistan Terima 4 Helikopter Serang Mi-35M Hind E dari Rusia

Prototipe MD 969 yang sudah dibuat akan mulai menjalani masa uji coba di tahun ini. MD 969 diawaki dua personel dan berkapasitas enam orang menggunakan kursi lipat fleksibel. Kokpit heli dilengkapi instrumen digital penuh, all-glass cockpit.

Dari sisi spesifikasi, MD 969 memiliki berat lepas landas maksimal 3.070 kg, jarak tempuh penerbangan 367 mil laut (680 km), dan kecepatan jelajah 160 knot (296 km/jam). Heli dilengkapi dua sayap pendek (stub wing) dengan enam gantungan untuk membawa persenjataannya.

Tautan lain: Helikopter Multiguna Subaru UH-X Jepang Jalani Penerbangan Perdana

MD 969 juga dilengkapi perangkat kamera untuk misi intelijen, pengawasan, dan pengintaian (ISR). Pihak pabrikan mengklaim, heli ini berbiaya rendah untuk dioperasikan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *