Sistem Pertahanan Udara Buk-M2 Suriah Patahkan Serangan Rudal Jet Tempur F-16 Israel

ANGKASAREVIEW.COM – Sistem pertahanan udara (sishanud) Buk-M2 yang dioperasikan oleh Suriah berhasil menghalau serangan rudal Israel. Dilaporkan pada hari Minggu (20/1), jet-jet tempur F-16 Angkatan Udara Israel melakukan serangan rudal terhadap Bandara Internasional Damaskus. Namun, serangan tersebut berhasil dipatahkan oleh Suriah menggunakan Buk-M2.

Laman berita Suriah, Muraselon, melalui tayangan di Youtube seperti dikutip Sputnik, memperlihatkan dua kali Pasukan Pertahanan Udara Suriah melaksanakan penembakan terhadap target udara menggunakan Buk-M2.

Israel diketahui melakukan serangan rudal menggunakan empat jet F-16 dari kawasan Laut Mediterania pada pukul 01.32 siang waktu Moskow. Kawanan burung besi itu meluncurkan rudal-rudal berpemandu.

Buk-M2 (NATO: SA-17 Grizzly) atau di Rusia dikenal dengan kode 9K317 merupakan sishanud darat ke udara (SAM) jarak menengah. Sistem ini dirancang untuk menghalau beragam ancaman dari udara.

Buk-M2 dapat digunakan untuk menghancurkan pesawat, helikopter, maupun target-target udara lainnya. Varian ini merupakan peningkatan kemampuan dari sistem lama Buk-M1. Buk-M2 dapat juga digunakan untuk melakukan serangan terhadap target di laut dan daratan.

Sasaran udara pada ketinggian 10 hingga 24.000 meter dapat dihancurkan menggunakan Buk-M2 hingga jarak maksimum 50 km. Sebanyak 24 sasaran udara yang datang dari berbagai arah dapat ditangani secara simultan menggunakan sistem ini.

Roni Sontani

4 Replies to “Sistem Pertahanan Udara Buk-M2 Suriah Patahkan Serangan Rudal Jet Tempur F-16 Israel”

  1. Gak salah niy om rony🤷

    Itu sudah dirilis video ketika buk-M dan pantsyr dilumpuhkan oleh rudal delilah…bahkan peristiwa ini membuka mata ttg efektivitas pantsyr yg menganut kombinasi rudal dan kanon yg ternyata tak bisa berbuat banyak, menembak secara simultan untuk menghancurkan target yg berbeda 🙅🙅🙅

    Tampaknya kombinasi kanon dan rudal yg memiliki fire control terpisah lebih andal dalam menghadapi serangan saturasi (spt skyshiled dan chiron atau skyshield dan irist-sl)👍

  2. emang iya yaah ada Buk yg kena serangan?
    ane baru liat yg pantsir, yang pertama lagi nganggur, radar ga gerak/mati karena emg lagi nunggu pasokan. Yang kedua karena sistem diserbu sama banyak drone/rudal, dr video keliatan mereka lagi nembak ke segala arah krn banyak serangan. Sistem canggih apapun dan manapun klo stand alone/ga terintegrasi trus disalvo banyak pasti kualahan.

    Klo yang Buk ane blom lihat, coba share dsini link nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *