Angkatan Darat AS akan dapatkan truk taktis FMTV Next-G buatan Oshkosh

Truk FMTV buatan Oskhosh DefenseOshkosh Defense

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat AS (US Army) akan mendapatkan Keluarga Kendaraan Taktis Menengah Generasi Berikutnya (FMTV Next-G) dari perusahaan Oshkosh Defense.

Hal ini berdasarkan kontrak senilai 141 juta USD yang telah diumumkan oleh Departemen Pertahanan AS (DoD) pada 13 Januari 2023.

Kontrak meliputi pengadaan Truk Taktis Menengah (MTV) A2 dan Trailer Taktis Menengah (MTT) oleh Oshkosh Defense. Penyelesaian kontrak akan dilaksanakan hingga 30 November 2024.

FMTV A2 merupakan versi lanjutan dari FMTV A1 yang telah beroperasi di US Army sejak tahun 1996.

FMTV A1 berasal dari truk Steyr 12M18 Austria, tetapi dimodifikasi secara substansial untuk memenuhi persyaratan US Army dan mengandung konten lokal 50 persen.

FMTV A1 awalnya diproduksi oleh Stewart & Stevenson pada kurun 1996–2006, kemudian dilanjutkan oleh Armor Holdings pada 2006–2007.

Kemudian sempat beralih ke tangan BAE Systems Platforms & Services pada 2011 dan saat ini diproduksi oleh perusahaan Oshkosh Defense.

Versi FMTV A2 menawarkan peningkatan perlindungan bagi awaknya dan membawa muatan lebih besar dan memberikan kualitas berkendara dan mobilitas yang lebih baik.

FMTV A2 tersedia dalam rangkaian lengkap mulai dari varian khusus misi termasuk Traktor 5 ton, LHS 8,8 ton, Kargo 4X4 dan 6X6, Dump 10 ton, serta tipe Wrecker 5 ton.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *