Hadir di Indo Defence 2018, TNI AU Bawa ADS-B dan Simulator F-16

Indo DefenceDispenau

ANGKASAREVIEW.COM – Hadir dalam penyelenggaraan pameran industri pertahanan terbesar di Indonesia, Indo Defence 2018 Expo & Forum pada 7-11 November, TNI Angkatan Udara menyuguhkan inovasi baru karya prajurit Depohar 50 Koharmatau berupa radar ADS-B (Automatic Dependent Surveillance – Broadcast).

Alat yang baru disertifikasi oleh Dislitbangau (Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AU) pada Oktober 2018 ini, merupakan radar portable low cost yang mampu mengidentifikasi  objek (pesawat) secara real time. Radar  yang memiliki ROA (Radius of Action) hingga 270 Nm ini mampu mengidentifikasi data kecepatan, ketinggian, dan jarak pesawat dengan radar.

Alutsista lain yang juga jadi andalan stand TNI AU adalah kokpit simulator pesawat F-16. Dengan alat buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat ini masyarakat dapat merasakan sensasi terbang sekaligus melaksanakan dogfight (bertempur di udara).

Indo DefenceDispenau

Inovasi prajurit TNI AU  yang juga dipamerkan adalah Internet _Protocol Private Branch Exchange (IP-PBX) Depo 40 Koharmatau. Alat yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Dislitbangau dan Dislambangjaau tahun 2012 ini merupakan perangkat yang mampu mengintegrasikan sentral telepon seluruh TNI AU dengan biaya murah.

Stand TNI AU menempati areal 60 meter persegi di Hall B JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Di stan ini,  juga memamerkan TDAS (Transmision Data Air Situation) Kohanudnas dan beberapa persenjataan Paskhas seperti Rudal QW3, AX-308 Sniper Rifle, M-4 Carbine, dan SS-V4.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *