Keren! Yuk Intip Berbagai Fasilitas Baru Bandara I Gusti Ngurah Rai

i gusti ngurah raiTribun News

ANGKASAREVIEW.COM – Selain menyiapkan infrastruktur bandara melalui perluasan apron serta pembangunan gedung VVIP dan gedung parkir, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali juga menghadirkan beberapa fasilitas baru di dalam terminal untuk menyambut 17.000 delegasi dari 189 negara yang hadir dalam pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali, 8-14 Oktober 2018.

“Selain membangun dan mengembangan infrastruktur di sisi udara, Angkasa Pura I juga menambah beberapa fasilitas baru di dalam terminal Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali,” ujar kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, Rabu (3/10/2018).

Menurut Faik, selain untuk menjamin kelancaran arus kedatangan dan kepulangan delegasi IMF dan World Bank, juga sebagai upaya memberikan pelayanan prima dan menciptakan passenger experience di bandara.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain x-ray smartlane, mesin autogate keimigrasian, orientation zone, dan airport operation control center (AOCC).

X-ray smartlane yang berada pada area screening check point akan mempercepat proses pemeriksaan barang calon penumpang. Untuk autogate keimigrasian, disediakan mesin autogate sebagai fasilitas mandiri untuk men-scanning paspor calon penumpang.

i gusti ngurah raiAP 1

Saat ini tersedia 6 unit mesin autogate di terminal kedatangan internasional dan 10 unit di terminal keberangkatan internasional. Total waktu yang dibutuhkan penumpang saat menggunakan mesin autogate ini hanya 30 detik.

Memiliki desain yang elegan dan inovatif, orientation zone dirancang sebagai area yang atraktif yang dapat berfungsi sebagai penghilang stres bagi penumpang. Orientation zone diperuntukkan bagi penumpang yang baru saja melewati proses pemeriksaan yang cukup intens pada area check-in dan pemeriksaan imigrasi.

i gusti ngurah raiAP 1

Area ini dilengkapi dengan berbagai berbagai informasi berkaitan dengan jadwal penerbangan maupun arah menuju pintu keberangkatan, seperti FIDS (Flight Information Display System), world clock, airport directory, serta walking distance yang bermanfaat untuk memperkirakan waktu dan jarak yang dibutuhkan calon penumpang mencapai pintu keberangkatan, area komersial, fasilitas di bandara, dan lokasi lainnya yang ada dalam terminal keberangkatan internasional.

AOCC adalah fasilitas bagi stakeholder bandara, yang merupakan pusat kendali untuk mengawasi aktivitas operasional di sisi udara dan sisi darat serta seluruh aktivitas kedatangan dan keberangkatan di bandara.

Baca Juga: Dukung Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia, AP I Bangun Infrastruksur 6 Bandara

Fasilitas-fasilitas baru di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tersebut sudah dioperasikan sejak akhir September 2018 lalu.

“Diharapkan dengan adanya fasilitas-fasilitas baru tersebut dapat memperlancar dan menambah kenyamanan proses kedatangan dan kepulangan para delegasi pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018,” kata Faik.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *